Industri Otomotif

Pabrik Baru Nissan, Bakal Produksi Mesin dan Transmisi Datsun

Ekawan Raharja    •    Selasa, 20 Sep 2016 09:47 WIB
datsun
Pabrik Baru Nissan, Bakal Produksi Mesin dan Transmisi Datsun
Datsun akan mendapatkan pasokan mesin dan transmisi dari pabrik Nissan yang saat ini sedang di bangun. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Sentul: Nissan Indonesia saat ini sedang membangun pabrik baru, khusus untuk mesin dan transmisi. Diketahui produk pertama dari pabrik itu nantinya mengalokasikan pembuatan mesin dan sistem transmisi Datsun.

"Nantinya produksi pertama pabrik baru itu untuk mesin dan transmisi Datsun," ujar Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani, di Hotel Lor In, Sentul, Bogor.

Hana pun masih enggan membeberkan lebih secara detail rencana ke depan pabrik mesin dan transmisi tersebut. Tapi dia berujar pabrik ini nantinya tidak menutup peluang untuk produksi komponen atau rencana lainnya.

Bisa jadi nantinya produk ketiga Datsun dan transmisi otomatis yang digunakan berasal dari pabrik ini. Mengingat Head of Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja, pernah berujar mengenai pengembangan produk Datsun di Indonesia saat GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

"Transmisi otomatis akan ada untuk model baru dan yang sudah ada. Kemudian model selanjutnya akan memiliki karateristik adventure dan agresif seperti Go Cross. Namun kami belum bisa membeberkan detailnya seperti apa. Tunggu saja tanggal mainnya," ujar Indriani.

Diketahui, Nissan membangun pabrik mesin dan transmisi ini dengan nilai investasi mencapai JPY3,4 miliar atau lebih dari Rp435 miliar. Pabrik yang berada di atas lahan tiga ribu meter persegi ini akan diisi dengan line produksi engine machining, yang memungkinkan pabrikan asal Jepang tersebut memproduksi mesin dan transmisi secara lokal.

Tak butuh waktu lama, pabrik yang berlokasi di Purwakarta ini bakal mulai beroperasi mulai September 2017.


(UDA)