Teknologi Otomotif

Alat Mendeteksi 'Kebohongan" Pengguna Mobil Isuzu

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 16 Jan 2017 16:55 WIB
isuzu
Alat Mendeteksi 'Kebohongan
GIDSS bisa digunakan untuk yang berteknologi commonrail. MTVN/A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Astra Isuzu mengadakan kegiatan bagi komunitas pengguna mu-X, Sabtu 14 Januari. Agenda utama adalah mengajak komunitas pengguna mu-X mempelajari data mobil dengan alat Global Isuzu Diagnostic Service System (GIDSS). Sebuah alat yang diklaim mampu menampilkan data mobil dengan detail.

Alat itu disebut-sebut bisa melihat rincian jarak tempuh dengan kecepatan tinggi, serta jarak tempuh di perkotaan dan kecepatan rendah. Selain itu, bisa pula untuk melihat konsumsi bahan bakar total sejak awal mobil diisi bahan bakar. Lalu merinci bahan bakar untuk kecepatan tinggi, dalam kota, macet dan idle, serta cara pengereman.

Menariknya, alat ini juga bisa mendeteksi 'kebohongan' pengguna mobil.  "Bisa saja mereka bilang tidak tahu atau mengatakan 'Saya mengemudikan biasa-biasa saja'. Tapi dengan alat ini bisa terbaca. Ternyata dia menginjak gas dengan agresif, sering rem mendadak, atau banyak kena macet," kata Anjar Kisworo, Service Department Head Astra Isuzu.

GIDSS mampu mengambil data dari mobil yang tersimpan di sebuah alat seperti kotak hitam milik pesawat. "Alat ini mencatat riwayat mobil. Termasuk sudah berapa kali starter," terangnya.

Selain untuk komunitas, Isuzu juga mengadakan kegiatan serupa untuk konsumen fleet. Field Advisor Isuzu mendatangi konsumen fleet dan memberikan datanya kepada pemilik dengan menggunakan alat GIDSS tersebut.


(HIL)