Tips Mobil

Ini Dampak Buruk Jika Tangki Bensin Mobil Sering Dibiarkan Kosong

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 18 Oct 2016 12:15 WIB
tips dan trik teknologi
Ini Dampak Buruk Jika Tangki Bensin Mobil Sering Dibiarkan Kosong
Tangki keseringan kosong bisa merusak pompa bensin. Autoguide

Metrotvnews.com, Jakarta: Jangan membiarkan tangki bensin mobil kosong dalam waktu lama. Makin tidak diperbolehkan bagi mobil yang menggunakan sistem pompa bensin elektrik. Jika lalai bisa mengakibatkan beberapa komponen lain mengalami kerusakan.

Bila tangki bensin mobil Anda dilengkapi pompa bensin elektrik, alangkah baiknya bila segera mengisi bensin ketika lampu indikator bahan bakar menyala. Sebaiknya segera cari SPBU terdekat untuk mengisi bahan bakar. Bukan sekadar khawatir kehabisan bahan bakar di perjalanan. Namun langkah itu juga dilakukan untuk mencegah kerusakan pompa bensin elektrik. 

Sebab, komponen yang satu ini berfungsi untuk memompa bensin ke ruang pembakaran. Jadi, bakal lebih baik jika kondisinya terendam. Dengan begitu, bensin akan melindungi pompa dari suhu panas di dalam tangki bahan bakar.

"Kalau tangki dibiarkan kering, pompa jadi tidak terendam bensin sehingga bikin cepat panas dan bisa korslet. Pompa yang terendam bensin juga lebih baik karena sama saja seperti dilumasi," beber Fahmi pemilik bengkel Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur.


Selain itu, sering membiarkan tangki bahan bakar kosong juga bisa menyebabkan filter bensin tersumbat. Pasalnya kotoran yang mengendap di dalam tangki bahan bakar akan cepat naik dan tersedot pompa. Terutama tangki yang sudah lama tidak dikuras.

Keuntungan lain selalu menjaga kuantitas bahan bakar di tangki adalah menghindari tangki dari ancaman korosi. Biasanya, korosi terjadi karena sering membiarkan tangki dalam keadaan kosong. Udara panas di dalam tangki akan berubah menjadi embun setelah mobil tidak digunakan. Ini bisa menyebabkan reaksi kimia dan membentuk senyawa baru. 

Satu hal yang patut diingat pula adalah selalu menggunakan bahan bakar sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan. Hal itu harus dilakukan karena akan berpengaruh terhadap usia pakai filter bensin.


(HIL)