Balap Mobil

Pembalap Wanita Indonesia Tampil di Netz Cup Vitz Race 2016

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 29 Nov 2016 18:41 WIB
balap mobil
Pembalap Wanita Indonesia Tampil di Netz Cup Vitz Race 2016
Alinka Hardianti berlaga di Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz Race 2016. TTI

Metrotvnews.com, Jakarta: Alinka Hardianti sudah cinta dengan dunia balap sejak kelas enam Sekolah Dasar. Ayahnya yang jua seorang pembalap menjadi sosok yang memperkenalkan Alinka ke dunia ini untuk pertama kali.

Setelah berlatih selama bertahun-tahun, Alinka sukses mewujudkan cita-cita balapan di tingkat Asia. Ia yang kini berusia 23 tahun tergabung di Toyota Team Indonesia (TTI) bakal debut internasional dengan berlaga mewakili Indonesia di ajang one make race Internasional Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz Race 2016, di sirkuit Fuji Speedway, Jepang.

Pembalap wanita ini turun di kelas Netz Cup Vitz Race (One Make Race Yaris). Pada balapan itu, ia akan memacu Toyota Vitz XP130. Di kelas ini, spesifikasi mobil yang digunakan relatif standar seperti yang dipasarkan untuk umum dengan modifikasi terbatas resmi yang ditentukan oleh pihak penyelenggara.

Toyota Vitz memiliki banyak kemiripan dengan Toyota Yaris di Indonesia. Pada ajang balap kali ini, TRD Indonesia turut ambil bagian dalam menyiapkan kendaraan dan tim teknis.

Jadwal latihan selama 5 hari hanya dapat diikuti selama 1 hari oleh Alinka. Situasi itu terjadi karena kendala cuaca yang membuat sirkuit berkabut.

Namun, hal tersebut tidak menghalangi dan mengendurkan semangat Alinka untuk mencetak prestasi pada babak prekualifikasi dan kualifikasi di ajang ini. Toyota Gazoo Racing Netz Cup Vitz 2016 akan diikuti sekitar 60 pembalap di babak kualifikasi. Hanya 35 pembalap yang berhak mengikuti Grand Final. Pembalap yang gagal menembus babak kualifikasi tidak dapat ikut kembali pada musim balap tahun berikutnya.

 


(HIL)