Teknologi Otomotif

Autonomous, Teknologi Otomotif yang Lahir 1964

Ahmad Garuda    •    Senin, 03 Jul 2017 18:06 WIB
teknologi otomotif
Autonomous, Teknologi Otomotif yang Lahir 1964
Basis teknologi autonomous sudah ada sejak 1964 silam. SoftNews NET

Metrotvnews.com: Teknologi otomatisasi dalam industri otomotif dunia, beberapa tahun terakhir dihebohkan dengan datangnya teknologi autonomous. Teknologi ini tenar lantaran mobil-mobil yang diciptakan tersebut sudah memiliki fitur berkendara sendiri. Namun tahukah Anda, bahwa teknologi ini sudah ada sejak 1964 silam?

Ya, rasanya tidak akan ada yang menduga bahwa teknologi ini sudah lama ada di dunia. Adalah para peneliti yang meluncurkan Stanford Artificial Intelligence Laboratory Cart, yang sudah menggunakan teknologi tersebut.

Memang tidak terhitung sebagai kendaraan yang mampu membawa penumpang sesuai dengan standar keselamatan berkendara di jalan raya. Tapi basis teknologi kendaraan yang mampu berkendara sendiri dengan konektifitas ke komputer terdekat, sudah bisa dilakukan.

Produk yang juga dikenal sebagai lansiran dari Stanford University's Artificial Intelligence Laboratory tersebut, sudah mampu berjalan sendiri tanpa koneksi kabel ke komputer-komputer terdekat darinya. Sayang, dimensinya saat itu masih sebesar mobil golf atau golf car.

Cara kerjanya juga tidak jauh berbeda dengan sistem autonomous pada dasarnya. Yaitu mobil ini akan merekam video lewat onboard camera dan mengirimnya ke komputer terdekat untuk diproses. Setelah melakukan proses dan imagi digital, maka komputer akan memetakan kondisi di sekitar secara tiga dimensi termasuk kondisi lingkungannya, dan memberikan perintah kembali kepada cart itu.

Memang teknologi tersebut masih sangat terbatas. Mengingat dukungan sistem digitalisasi belum secanggih yang ada saat ini. Tapi proses panjang itu menegaskan bahwa perjalanan yang kita tempuh dalam mengembangkan teknologi tersebut tidak baru lahir. Melainkan sudah ada sejak puluhan tahun lalu.


(UDA)