Tokoh Otomotif

Ibu Datsun Indonesia Pamit

Ekawan Raharja    •    Selasa, 13 Jun 2017 12:35 WIB
datsun
Ibu Datsun Indonesia Pamit
Indrie Hadiwijaja per 3 Juli 2017 akan mengemban tugas baru di Datsun global. MTVN/Ekawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Indrie Hadiwidjaja sebentar lagi tidak akan menjabat sebagai Head of Datsun Indonesia. Wanita energik ini sebentar lagi akan pergi ke Jepang untuk mengemban tugas baru di Datsun Global.

Per 3 Juli 2017, Indrie akan menjabat sebagai Head of Marketing Datsun yang bertempat di Datsun Business Yokohama Jepang. Nantinya selain mengurusi marketing di Indonesia, dia akan mengurusi pula marketing untuk India, Rusia, dan Afrika Selatan.

"Sebenarnya surat penunjukan itu sudah ada 1 Juni 2017 kemarin. Hanya saja saya belum bisa karena masih mengurusi beberapa hal, dan termasuk juga serah terima. Nanti tanggal 25 Juli 2017, saya berangkat ke Jepang," ucap Indrie Senin (13/6/2017) di Roemah Kuliner Jakarta.


Indrie Hadiwidjaja di sela-sela Datsun Risers Expedition 2016 di Nangroe Aceh Darussalam. MTVN/Ekawan

Jabatan baru yang diembannya segera tentu akan lebih menantang. Selain harus mempersiapkan strategi marketing untuk Indonesia, dia juga harus mempersiapkan strategi marketing di tiga negara lainnya. Tentu saja keempat negara ini mempunyai konsumen dan karakteristik pasar yang berbeda-beda.

"Saya terus terang tdak bisa bilang tantangan terbesar ada di mana, tapi saya harus mulai merubah mind set yang dari operasional lokal harus melihat dari empat negara dan memenuhi kebutuhan dari empat negara, lebih kepada global role," tandasnya saat berbuka puasa bareng awak media otomotif.

Tentu saja ini dilihat Indrie sebagai salah satu tantangan yang harus ditaklukan. Kesempatan untuk menjadi Head of Marketing Datsun dianggap sebagai kesempatan bagus untuk memperkaya dirinya dengan mempelajari ilmu-ilmu marketing baru.

"Pengennya belajar dari market yang lain, Datsun ini ada di empat negara. Ini kesempatan untuk mempelajari marketing di Rusia, India, dan Afrika Selatan merupakan pencapaian tersendiri yang harus kita taklukan."

Berbicara perjalanan karir seorang Indrie Hadiwidjaja di Nissan Motor Indonesia (NMI) sudah di mulai sejak 2003 sebagai staff marketing. Bahkan dia ikut merancang strategi marketing Nissan Grand Livina yang meluncur di 2017.

Kemudian Indrie sempat undur diri selama satu tahun di 2007 untuk melanjutkan studi. Cintanya terhadap brand otomotif asal Jepang membawanya kembali ke NMI pada 2008.

Lalu di 2013, Ia mendapatkan tugas berat untuk menjadi Head of Datsun Indonesia. Tantangan terberatnya saat itu adalah memperkenalkan kembali merek Datsun yang sempat hilang ke tanah air.

"Saya termasuk cukup beruntung, berada di titik di mana Nissan Datsun punya titik balik, termasuk di Grand livina. Saya termasuk cukup terlibat di dalamnya, perencanaan hingga peluncuran. Kemudian di dalam Datsun, perkenalan datsun itu tidak sembarangan karena tidak banyak orang yang berkesempatan untuk memperkenalkan merek legendaris Datsun. Jadi saya cukup beruntung bisa merasakan Nissan dan Datsun jadi pemain besar di Indonesia," ucapnya sembari tersenyum.

Indrie Hadiwidjaja (sebelah kanan) berfoto bersama Masato Nakamura (kiri) MTVN/Ekawan

Tugas Head of Datsun Indonesia nantinya akan diemban Masato Nakamura. Pria asal Jepang ini sebelumnya bekerja di Datsun, khususnya Datsun Business Unit.

"Pekerjaan rumah pastinya membawa Datsun kembali berjaya di Indonesia. Terlebih kita ada model baru yang akan datang, ada transmisi otomatis, dan pastinya akan menjadi tugas berat Masato Nakamura untuk melanjutkan apa yang kita sudah jalankan selama ini di Indonesia," beber Indrie.


(UDA)