Profil Mobil Baru

CX-8 Jadi SUV 7-Penumpang Terbaru dari Mazda

Ekawan Raharja    •    Kamis, 14 Sep 2017 14:13 WIB
mazda
CX-8 Jadi SUV 7-Penumpang Terbaru dari Mazda
CX-8 menjadi flagship SUV Mazda di Jepang. Mazda

Metrotvnews.com: Mazda kini memperkenalkan sport utility vehicle (SUV) terbarunya yakni CX-8. Layaknya CX-9, saudaranya ini juga dibekali dengan konfigurasi 7-penumpang.

Alasan utama Mazda menghadirkan CX-8 karena mereka tidak memasarkan CX-9 di Jepang. Sehingga otomatis CX-8 menjadi SUV flagship untuk pasar negeri matahari terbit tersebut.

Menilik tampilan depan, khususnya desain bumper dan lampu, mengambil desain dari CX-5 yang sudah menganut aliran Kodo Design. Namun bagian grill mengambil dari CX-9 dengan model garis-garis horizontal.

Melihat dimensinya, CX-8 tentu lebih besar dari pada CX-5. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.900 mm, lebar 1.840 mm, dam tinggi 1.790 mm. Sedangkan ukuran wheelbase sama dengan CX-9 di 2.930 mm.

Menilik bagian samping dan belakang menjadi bagian paling orginal dari CX-8. Bentuk jendela dan lampu belakang dengan model memanjang dari samping hingga ke pintu belakang. Tampilannya juga semakin sporty berkat penggunaan lubang knalpot ganda.

Kemudian beralih ke bagian interior, bisa dibilang layout-nya mirip dengan CX-5. Mulai dari desain kisi-kisi AC, konsol engah, lingkar kemudi, hingga MZD Infotainment system dengan layar sentuh 7 inci. Mazda memberikan pilihan kepada konsumen, bisa memilih balutan kulit atau kain fabrik untuk interior.

Kemudian untuk kursi tengan bisa di custom sesuai dengan keinginan konsumen. Bisa memilik jok biasa, atau model captain seat yang dilengkapi dengan ruang konsol diantaranya.

Membahas dapur pacu, hanya tersedia mesin 2.200 cc SkyActiv-D turbodiesel bertenaga 188 daya kuda dan torsi 450 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui gearbox 6-percepatan SkyActiv otomatis ke roda depan atau kesemua roda berkat i-Activ AWD System.

Berbicara fitur keamanan, sudah pasti mobil ini dilengkapi sejumlah teknologi terkini. Mulai dari Smart City Brake Support (SCBS), Adaptive LED Headlights (ALH), Lane Departure Warning System (LDWS), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitoring (BSM), dan beberapa teknologi keamanan lainnya.

Mazda membanderol mobil ini dengan harga mulai dari JPY3,2 juta hingga JPY4,2 juta, atau sekitar Rp383,4 juta hingga Rp503,3 juta. Mobil ini sudah tersedia untuk pasar Jepang.

Jika Mazda Indonesia ingin menambah lini produk mereka, tentu Mazda CX-8 bisa menjadi pertimbangan. Mengingat hingga saat ini PT Eurokars Motor Indonesia belum memiliki lini produk SUV dengan kemampuan 7-penumpang.




(UDA)