Test Drive

Menikmati Hentakan Torsi Porsche Macan Turbo Performance Package

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 31 Jul 2017 11:20 WIB
porsche
Menikmati Hentakan Torsi Porsche Macan Turbo Performance Package
Porsche Macan Turbo Performance Package jadi varian tertinggi Macan. Porsche

Metrotvnews.com, Singapura: Porsche merilis varian terbaru yang sekaligus menjadi varian tertinggi dari mobil SUV mereka, Macan. Adalah Macan Turbo Performance Package yang ditawarkan bukan dari upgrade tampilan, namun pada performanya.

Kami pun berkesempatan menjajal mobil ini di Singapura atas undangan Eurokars Group. Bersama seorang rekan media lain asal Indonesia, kami diberi kesempatan menjelajah negara tersebut satu hari penuh dengan mobil ini.

Kembali membahas tampilan eksterior, mobil ini mengusung warna yang mengesankan aura racing, warna ini juga terinspirasi dari livery Porsche Motorsport yang ikonik. Porsche Asia Pacifik secara khusus memberikan warna ini untuk unit tes awak media.

Desain bodi secara keseluruhan tak ada perbedaan besar. Tapi mengingat statusnya sebagai varian tertinggi, tentu saja ada pembeda yang bisa dilihat langsung seperti lingkar pelek, ukuran cakram hingga empat buah lubang knalpot.

Tak hanya itu, ketinggian mobil juga dipangkas. Untuk lengkapnya mengenai bagian eksterior, Anda bisa melihat artikel kami sebelumnya dengan klik disini.  

Secara spesifikasi mesin, dengan jantung mekanis berkonfigurasi V6 turbo ganda, dengan kapasitas mesin mencapai 3.600 cc, spesifikasinya sama dengan Macan Turbo. Namun tenaga dan torsinya melonjak signifikan.

Pada varian Macan Turbo Performance Package ini, tenaganya lebih besar 40 daya kuda jadi 440 daya kuda. Sedangkan torsinya 50 Nm lebih besar jadi 600 Nm. Semuanya dibandingkan dengan Macan Turbo.

Menurut Ro Charlz Skyangel, Instruktur sekaligus pembalap Porsche ada ubahan setingan pada engine management. "saya pikir ada seting engine management yang diubah dan mesin diatur hingga mencapai titik maksimal, saya rasa itu," katanya.

Kami pun langsung menyalakan mobil, seting posisi duduk dan spion dan menuju rute yang sudah ditentukan oleh Porsche. Dari posisi pengemudi, kami merasa tak ada beda dengan Macan S yang pernah kami coba pada 2015 lalu.

Selesai mengatur posisi duduk, kami pun beranjak meninggalkan Warehouse Hotel menuju wilayah bandara Changi utuk sesi foto. Rute berikutnya kami menuju Kent Ridge Park, Dempsey Hill dan Punggol Settlement. 

Jalanan Singapura yang tertib dan teratur sedikit membuat kami kesal, karena tak ada celah untuk merasakan performa mobil ini secara utuh. Batas kecepatan harus diikuti atau surat tilang akan mendatangi kami.

Otomatis kami hanya bisa merasakan hentakan torsi 600 Nm mulai dari 1.500 hingga 4.500 rpm selepas traffic light menuju Punggol Settlement. Hentakan torsi dahsyat ini bisa dirasakan dalam mode berkendara Sport Plus.

Pada mode itu pula, Porsche menyebutkan hanya butuh 4,4 detik dari diam hingga kecepatan 100 km/jam. Namun konsumsi bahan bakarnya diklaim 9,7 liter per 100 km atau sekitar 10,3 km/liter. Cukup irit untuk mesin berkapasitas 3.600cc.

Selain merasakan torsi besarnya untuk akselerasi, kami juga menikmati handling mobil ini. Dukungan Porsche Stability Management (PSM) dan Porsche Traction Management (PTM) menjadikan mobil ini sangat nurut.

Melewati jalanan menikung khas perbukitan dan menikung cepat mobil terasa mantap. Jok semi bucket mampu menjaga tubuh bergeser. Jepitan jok juga bisa diatur secara elektronik, tinggal sesuaikan keinginan saja.

Jika mode Sport Plus terlalu 'liar', Anda bisa menggunakan mode Sport saja. Tak seberingas mode Sport Plus, namun untuk lari-lari kecil diperkotaan mode ini sudah lebih dari cukup.

Jika ingin bersantai, bisa on aktifkan kedua mode tersebut dan mobil akan otomatis berada pada mode Normal/Comfort. Akselerasinya lebih halus dan nyaman untuk perkotaan nan padat.

Meski begitu, Anda masih bisa mendengar raungan mesin gaharnya dengan menekan tombol bergambar knalpot pada konsol tengah. Jika ditekan, maka flap knalpot akan membuka dan raungan mesin lebih jelas terdengar.

Satu hari penuh 'kencan' dengan Macan Turbo Performance Package terasa kurang puas, terlebih kami tak bisa merasakan performa keseluruhan mobil ini. Berharap suatu saat bisa menjajal mobil SUV terlaris Porsche ini di sirkuit.

Eurokars Group sebagai distributor resmi Porsche di Indonesia tentu juga menjual mobil ini. Mengenai harga, tak disebutkan angka pasti karena setiap mobil bisa dikustom sesuai keinginan pembeli, sehingga harganya akan menyesuaikan.


(UDA)