teknologi otomotif

Masalah Klasik Blind Spot, Toyota Riset Pilar-A Transparan

Ekawan Raharja    •    Selasa, 22 Aug 2017 15:39 WIB
teknologi otomotif
Masalah Klasik <i>Blind Spot</i>, Toyota Riset Pilar-A Transparan
Toyota ciptakan pilar-A transparan berkat teknik cloaking device. Carscoops

Metrotvnews.com: Para produsen mobil terus mengembangkan desain produk-produk mereka agar selalu lebih baik lagi. Mulai dari bentuk body, mesin, hingga stuktur mobil dikembangkan agar menghasilkan mobil yang aman, nyaman, dan menyenangkan untuk dikendarai.

Saat ini Toyota juga melakukan pengembangan dibagian stuktur mobil, khususnya di bagian pilar-A. Mereka membuat inovasi berupa pilar-A yang tembus padang.

Pilar-A memiliki fungsi penting di dalam struktur mobil. Tetapi keberadaan pilar ini sedikit banyak menciptakan blind spot untuk pengemudi.

Di Amerika Serikat, Toyota mematenkan teknologi mereka berupa cloaking device. Teknologi ini berupa memasangkan cermin-cermin di pilar-A yang dapat memantulkan sekitar objek. Sehingga pengemudi bisa seolah-olah bisa melihat apa yang ada di balik pilar-A.

Tentu saja paten ini memang sudah di daftarkan dan secara resmi menjadi milik Toyota. Namun hingga saat ini belum ada rencana pabrikan asal Jepang tersebut untuk mengaplikasikan cloaking device.

Bila cloaking device benar-benar diaplikasikan, tentu akan banyak pengemudi yang akan terbantu. Membuat pengemudi bisa lebih waspada dan mengurangi titik blind spot.

Sebelumnya, beberapa pabrikan juga sudah mencoba mengembangkan beberapa komponen untuk membuat sisi blind spot berkurang. Menggunakan teknik kamera dan projector. Bagian dalam akan jadi projector bagian yang membuat pandangan pengemudinya blind spot.


(UDA)