Industri Otomotif

Pabrik Baru Federal Oil Sanggup Produksi 100 Juta Liter

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 24 Aug 2017 09:40 WIB
industri otomotif
Pabrik Baru Federal Oil Sanggup Produksi 100 Juta Liter
Pabrik baru Lube Oil Blending Plant Cilegon. MPM

Metrotvnews.com, Cilegon: Salah satu tujuan mengalihfungsikan pabrik Federal Oil dari kawasan industri Pulogadung ke pabrik baru Lube Oil Blending Plant (LOBP), di Krakatau Industrial Estate Cilegon, Banten, adalah untuk memenuhi kebutuhan pelumas yang terus mengalami pertumbuhan.

"Menilik perkembangan dunia otomotif, kami optimis bahwa industri pelumas tanah air akan terus mengalami pertumbuhan," ungkap Direktur Utama PT Federal Karyatama, Patrick Adhiatmaja, dalam keterangan resminya, Rabu (23/8/2017).

Berdiri di atas lahan seluas dua hektar, pabrik yang mengusung konsep modern dan ramah lingkungan ini diklaim mampu memproduksi pelumas Federal Oil sepeda motor dan mobil sebanyak 100 juta liter per tahun.

Lebih lanjut Patrick mengungkapkan, pabrik baru ini dibangun tanpa adanya campur tangan pihak luar, yang  dananya berasal dari perusahaan induk dan cash flow perusahaan. Termasuk dalam mendesain bangunan pabrik dan proses blending.

"Berdirinya pabrik ini mulai dari desain dan jantung blanding-nya merupakan karya anak bangsa. Pelumas yang kualitasnya baik adalah yang saat proses blanding-nya terjaga dengan baik, yaitu ketika homogenitas olinya tercampur dengan baik," tambah Patrick.

Selain itu, pabrik anyar ini juga telah didukung sistem manajemen produksi ISO 9001, mulai dari sistem penerimaan material, penyimpanan, proses blending, filling bottling dan packing machine yang terintegrasi.

Pelumas anak bangsa yang diolah di pabrik Cilegon ini diharap bisa menjadi budaya baru, dengan harapan bisa mendukung penjualan dengan produksi yang lebih besar, serta dapat ekspansi ke sejumlah negara, termasuk wilayah ASEAN.
 


(UDA)