Industri Otomotif

Toyota & Mazda 'Saweran' Riset Mobil Listrik

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 29 Sep 2017 08:11 WIB
industri otomotifmobil listrik
Toyota & Mazda 'Saweran' Riset Mobil Listrik
EV C.A Spirit Corporation merupakan perusahaan patungan Toyota dan Mazda. Autoguide

Metrotvnews.com: Toyota, Mazda, dan Denso sepakat untuk membentuk 'saweran' dan membentuk perusahaan patungan yang akan fokus terhadap pengembangan kendaraan listrik. Nantinya mereka bakal tergabung di perusahaan bernama EV C.A Spirit Corporation.

Sebagai investor terbesar di EV C.A Spirit Corporation, Toyota disebut bakal menguasai 90 persen saham. Sementara Mazda dan Denso masing-masing memiliki 5 persen saham.

Menurut Toyota, kehandalan insinyur Mazda dalam membuat terobosan baru mesin tanpa busi yang disebut Homogeneous Charge Compression Ignition (HCCI), membuat pihaknya tertarik untuk melakukan kerja sama ini. 

"Mazda, Denso dan Toyota telah memutuskan pengembangan teknologi struktur dasar untuk kendaraan listrik, Ini mencakup beragam segmen dan tipe kendaraan. Sekaligus memastikan respons yang fleksibel dan cepat terhadap tren pasar," bunyi pernyataan resmi Toyota seperti dilansir dari Autoguide. 

Kerja sama ini mencakup pengembangan beragam model, mulai dari kendaraan kecil sampai kendaraan penumpang, SUV, dan truk ringan. Proyek ini bertujuan untuk berinovasi dalam proses pembangunan dengan menggabungkan kekuatan masing-masing perusahaan.

Termasuk perencanaan produk dan kecakapan Mazda dalam pengembangan berbasis pemodelan komputer, teknologi elektronik Denso, serta platform Toyota New Global Architecture (TNGA). 


(UDA)