Asuransi Otomotif

Pelayanan Asuransi Mobil, Kini Adopsi Sistem Digital

Ekawan Raharja    •    Rabu, 05 Oct 2016 11:43 WIB
asuransi kendaraan
Pelayanan Asuransi Mobil, Kini Adopsi Sistem Digital
Adira Insurance mengembangkan pelayanan berasis digital. Adira Insurance

Metrotvnews.com, Jakarta: Perkembangan teknologi saat ini membuat hampir semua proses kegiatan beralih menjadi digital. Bahkan untuk urusan pelayanan asuransi pun, sudah mulai beralih melalui dunia maya.

Tujuannya pun sederhana, menjadikan pelayanan asuransi lebih mudah dan sederhana. Pelanggan bisa dengan mudah melakukan pembelian atau juga melakukan proses klaim polis.

"Penguna internet di Indonesia tercatat sebanyak 88,1 juta user. Sedangkan pengguna aplikasi khusus dan sosial media mencapai 79 juta user," terang Digital and Alternative Distribution Head Adira Insurance, Jonathan David, Senin (3/10/2016) di Shabu Ghin Jakarta.

Tak sekadar itu saja, pria yang akrab disapa Jo tersebut memprediksi transaksi digital akan meraup USD4,89 bilion di akhir 2016. Angka ini diklaim meningkat 37 persen dibandingkan tahun lalu.

Hal ini kemudian yang coba dimanfaatkan oleh perusahaan asuransi seperti Asuransi Astra dengan menghadirkan website perusahaannya atau juga aplikasi mobile Garda Mobile Otocare. Sedangkan Adira Insurance juga tak mau kalah dengan menghadirkan website untuk pembelian dan Autocilin Mobile Claim untuk membantu proses klaim konsumen.

"Autocilin Mobile Claim pelanggan langsung terhubung dengan layanan klaim perusahaan yang sudah terpusat. Layanan ini mempermudah pelanggan melakukan klaim se-simple satu jari," lanjut Jo.

Tak hanya itu saja, Jo pun berujar bahwa dahulu untuk proses klaim asuransi memerlukan waktu hingga satu jam lebih. Namun dengan menggunakan mobile aplikasi, pelayanan pun lebih singkat tak sampai 60 menit hingga proses pembayaran.

Tentu saja dibalik semua kemudahan yang ditawarkan, diharapkan dapat menambah jumlah konsumen mereka. Kemudahan ini diharapkan dapat merangsang daya beli masyarakat untuk sadar akan pentingnya asuransi.


(UDA)