Dutro Masih Jadi Andalan Hino di Segmen Niaga

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 01 Sep 2016 08:51 WIB
hino
Dutro Masih Jadi Andalan Hino di Segmen Niaga
Dutro salah satu model andalan Hino. HMSI

Metrotvnews.com, Jakarta: Persaingan pasar otomotif nasional tak hanya terjadi pada mobil penumpang, tapi juga di segmen mobil niaga. Keseruan persaingan ini cukup menjadi sorotan. Lantaran permintaan segmen niaga yang mulai naik. Salah satu pemain besarnya adalah Hino, yang mampu menjual 11.913 unit di semester pertama 2016.

Baik itu untuk kategori light, medium, heavy duty truck dan bus di pasar dalam negeri, pemasarannya terbilang cukup merata. Bahkan Maret jadi puncaknya dengan penjualan 1.721 unit.

Dutro yang ada di segmen light duty truck masih jadi andalan PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) dengan penjualan total mencapai 6.476 unit. Dutro 130 HD menjadi tipe paling laris dengan kontribusi 42,67 persen terhadap penjualan varian Dutro keseluruhan atau berhasil terjual sebanyak 2.763 unit.

Di luar itu, segmen medium duty truck masih jadi kekuasaan brand Jepang ini dengan jadi market leader selama 16 tahun. New Generation Ranger memiliki market share 60 persen dengan penjualan mencapai 5.427 unit.

Sedangkan segmen bus, sebanyak 635 unit sasis terjual dari total 878 unit penjualan nasional. Artinya pangsa pasar segmen ini mencapai 72,3 persen, dan tipe R 260 jadi model terlaris.

Saingan berat Hino dalam memasarkan segmen mobil niaga sejauh ini masih terdapat di tangan Mitsubishi Fuso dengan pangsa pasar sudah mencapai 45,9 persen. Bukan tak mungkin jika Hino bisa melampaui penjualan brand dengan logo tiga berlian itu dengan strategi yang lebih baik.


(UDA)