Sosok Baru Kia Rio yang Makin Sporty

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 05 Sep 2016 13:17 WIB
kia
Sosok Baru Kia Rio yang Makin <i>Sporty</i>
Rio terbaru satu basis dengan Hyundai i20. Dok. MTVN

Metrotvnews.com: Model Rio jadi salah satu model andalan Kia dipasaran termasuk di Indonesia. Model barunya pun mulai terlihat lewat bocoran gambar, menjelang debutnya di Paris, Prancis akhir bulan ini.

Berbeda dengen generasi saat ini, pada model terbaru tak ada lagi lekukan bodi yang membulat dan gempal. Modelnya kini menjadi lebih modern dan sporty. Kalau sepintas, wajahnya mirip Hyundai i20 terbaru yang belum lama dikenalkan untuk pasar Indonesia.

Fascia depan menjadi lebih tipis dengan grill tiger nose khas pabrikan Korea Selatan tersebut. Buritan belakang tak jauh berbeda dari generasi sebelumnya, tapi kini lampu belakang dibuat lebih modern dan berkesan lebih Eropa.

Dimensinya pun ikut membesar, dengan panjang bertambah 15mm menjadi 4.065mm, sumbu roda bertambah 10mm, lebih rendah 5mm dan lebih lebar 5mm. Mobil ini menggunakan basis yang sama dengan yang digunakan oleh i20. Dan kabarnya juga akan digunakan untuk mobil SUV.

Menilik interior, warna serba hitam mengisi ruang kabin. Sisi in car entertainment kini dilengkapi dengan layar berukuran cukup besar, dan menjadi pusat perhatian saat masuk kabin. Mengenai mesin belum dipastikan, sampai saat ini.

Berbicara tentang rival utamanya, tentu tak jauh dari brand saudara kandungnya dari Korea, yaitu Hyundai Grand Avega atau malah i20. Sementara rivalnya dari Jepang seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz, sudah mengalami penyegaran terlebih dulu.


(UDA)