Balap Mobil

Terjebak di Gurun, Loeb Menyerah, Peugeot Tetap Dominan

Ekawan Raharja    •    Kamis, 11 Jan 2018 12:37 WIB
balap mobil
Terjebak di Gurun, Loeb Menyerah, Peugeot Tetap Dominan
Stephane Peterhansel menjadi pemburu terdepan gelar juara Dakar Rally 2018. Dakar

Peru: Dakar Rally 2018 kini sudah memasuki etape ke-5 (S5). Kali ini kejutan diberikan oleh duo pembalap Team Peugeot Total, Sebastien Loeb dan Stephane Peterhansel.

Namun kejutan dari keduanya ada yang menggembirakan dan yang menyedihkan. Pertarungan para pereli yang menempuh rute dari San Juan de Marcona menuju Arequipa Peru, dengan jarak kurang lebih 934 kilometer, ditemani dengan drama seru. Gunung pasir menjadi tantangan terbesar di lintasan kali ini.

Terbukti juara WRC 9 kali, Sebastien Loeb, harus takluk kali ini dan melukis cerita sedih bagi tim Peugeot Racing. Bahkan dia harus mengakhiri Dakar Rally 2018 lebih cepat.

Loeb terjebak di gurun pasir hingga tiga jam, sebelum akhirnya mendapat pertolongan panitia. Selain itu, co-drivernya Danel Elena merasa kesakitan setelah mengalami cedera tulang ekor, Loeb pun terpaksa menarik diri dari lomba.

Keluarnya Loeb membuat rekan setimnya Peterhansel melesat tanpa perlawanan yang menjadi nada positif bagi tim Peugeot. Bahkan dia menjadi yang tercepat di etape ke-5 dan kokoh memimpin torehan waktu tercepat di klasemen sementara.

Tercatat Stephane Peterhansel bisa merampungkan S5 hanya 2 jam 51 menit 19 detik. Catatan waktunya teraput 4 menit 52 detik dari pembalap Toyota Gazoo Racing SA Bernard Ten Brinke, dan 12 menit 47 detik dari posisis ketiga yang dihuni Giniel De Villers.

Hasil ini membuat Peterhasel menjadi urutan teratas sebagai pemburu juara umum Dakar rally 2018. Dia berhasil mengumpulkan waktu 13 jam 27 menit 26 detik. Sedangkan posisi kedua ada rekan setimnya, Carloz Sainz, yang terpaut hingga 31 menit 15 detik.
 
 

A post shared by Medcom-Oto (@medcom_oto) on Jan 10, 2018 at 10:02pm PST




(UDA)