Tokyo Motor Show

Toyota GR HV Sports Usung Teknologi Balap Le Mans

Ekawan Raharja    •    Minggu, 29 Oct 2017 15:23 WIB
toyotatokyo motor show
Toyota GR HV Sports Usung Teknologi Balap Le Mans
Toyota GR HV Sports usung basis GT86 dan teknologi hybrid. Toyota

Metrotvnews.com: Sejak kemunculan Tesla Motors dengan mobil sport listriknya, memacu banyak pabrikan otomotif mengembangkan mobil sport berteknologi listrik. Seperti contoh Toyota yang mengembangkan mobil sport listrik melalui Toyota GR HV Sports.

GR HV Sports merupakan mobil konsep sport hybrid yang meluncur di Tokyo Motor Show 2017. Rival Honda Sport EV ini menggunakan basis GT86 yang merupakan murni mobil sport bertenaga mesin bakar dalam.

Sedangkan GR HV Sports di klaim bakal menggabungkan antara mesin bensin dan motor listrik. Teknologi ini akan mitip dengan teknologi yang dipakai oleh TS050 hybrid Le Mans Racer yang berlaga di Le Mans. Sayangnya Toyota Hybrid System Racing enggan membeberkan detail mengenai dapur pacunya.

Kemudian baterainya bakal diletakan di tengah sasis, tepat di belakang jok. Hal ini dilakukan untuk menjaga center of gravity agar handling tetap terjaga.

Salah satu sisi uniknya GR HV Sports adalah penggunaan transmisi enam percepatan otomotif yang dikombinasikan dengan pola H di tuas transmisi. Hal ini memungkinkan pengemudi melakukan perpindahan transmisi tanpa harus menekan pedal kopling.

Sisi desain GR HV Sports juga banyak terpengaruh dari TS050 hybrid Le Mans Racer. Bisa dilihat dari penggunaan headlights LED dengan ukuran besar, fender yang lebar, bumper yang besar, diffuser yang besar di belakang, atap bergaya targa, dan knalpot tunggal besar di belakang.

Menarik untuk memanti kehadiran Toyota GR HV Sports dan Honda Sport EV. Bisakah kehadiran keduanya memberikan perlawanan untuk mobil sport hybrid yang sudah hadir saat ini seperti BMW i8?


(UDA)