Industri Otomotif

Toyota dan Mazda Siap Bangun Pabrik Baru di AS

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 06 Dec 2017 16:58 WIB
industri otomotif
Toyota dan Mazda Siap Bangun Pabrik Baru di AS
Rencana investasi pabrik baru Toyota dan Mazda di AS. Carscoops

Amerika Utara: Toyota mengkonfirmasi tentang kemungkinan membangun pabrik baru bersama Mazda di wilayah Alabama atau North Carolina, Amerika Serikat (AS). Hal itu ditegaskan Chief Executive Toyota Amerika Utara, Jim Lentz, yang masih belum memutuskan negara mana yang bakal dijadikan tempat investasi.  

Dilansir dari Carscoops, pabrikan mobil Jepang itu belum membuat keputusan akhir, karena ada lebih dari satu negara yang mencalonkan diri untuk memfasilitasi pembangunan pabrik tersebut.

Menurut beberapa sumber, Toyota dan Mazda mempersiapkan dana investasi sebesar USD1,6 miliar atau sekitar Rp21 triliun, dan memutuskan untuk tidak membangun pabrik di Tennessee, Texas atau South Carolina.

Tidak dapat dipungkiri, beberapa negara bagian berkompetisi dan berusaha memikat Toyota dan Mazda, salah satu caranya dengan menawarkan insentif pajak yang lebih murah. 

Diperkirakan pabrik tersebut akan menciptakan sekitar 4.000 lapangan pekerjaan baru. Dimanapun pabrik itu dibangun, Toyota dan Mazda berniat memulai produksinya pada 2021, dengan target produksi sekitar 300 ribu kendaraan setiap tahunnya. 

Toyota mengatakan, pihaknya akan memproduksi model Corolla di pabrik barunya nanti, sementara Mazda disebut akan membangun model SUV, termasuk crossover CX-7 baru.  


(UDA)