Safety Driving

Trik Berkendara Hemat Bahan Bakar

Ekawan Raharja    •    Senin, 26 Mar 2018 13:56 WIB
safety driving
Trik Berkendara Hemat Bahan Bakar
Teknik eco driving patut untuk diterapkan untuk mencapai konsumsi bahan bakar paling efisien dan ramah lingkungan. Daihatsu

Jakarta: Cara mengemudi sudah pasti memengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar, ujung-ujungnya berefek ke emisi gas buang. Untuk mencapai efisiensi bahan bakar terbaik dan minim emisi gas buang, pengemudi perlu coba mengaplikasikan teknik eco driving.

Daihatsu melalui laman resminya mencatat setidaknya ada 4 teknik dasar eco driving. Diharapkan teknik ini dapat membuat konsumsi bensin mobil lebih irit ketika diajak jalan-jalan.

1. Perpindahan gigi
Jangan tunggu mesin meraung saat memindahkan perseneling mobil ke posisi yang lebih tinggi. Idealnya mengganti perseneling dilakukan sebelum 2.000-3.000 rpm.

2. Kecepatan harus stabil
Usahakan untuk mempertahankan kecepatan secara konstan dan stabil ketika berjalan. Biasanya pengemudi bisa mempertahankan putaran mesin di bawah 2.000 rpm untuk mencapai konsumsi bahan bakar mobil lebih irit.

3 Smooth Driving
Hindari pengereman dan akselerasi yang mendadak dan tidak perlu. Jika terjebak di tengah kemacetan, ijak pedal gas dan rem secara halus.

4. Menjaga Momentum Ketika Tanjakan & Turunan
Pengemudi perlu menjaga kecepatan secara konstan dan putaran mesin tidak terlalu tinggi di kondisi jalanan menanjak dan menurun. Cara ini untuk menjaga kinerja mesin agar tidak bekerja terlalu keras saat tanjakan ataupun turunan.

Nah sudah tahu beberapa teknik dasar eco driving. Nah silahkan di coba saat berkendara biar makin irit bensin.


(UDA)