Mobil Klasik

Intip Pontiac Trans Am 1982 di Film Knight Rider

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 22 Feb 2019 08:16 WIB
mobil klasik
Intip Pontiac Trans Am 1982 di Film Knight Rider
Mobil Kitt yang digunakan dalam serial televisi Knight Rider. Carscoops

Amerika Serikat: Jika Anda tumbuh di era 80an, pasti akan mengingat serial televisi bergenre petualangan dan aksi, Knight Rider. Seri itu dibintangi oleh David Hasselhoff sebagai Michael Knight, yang berperan melawan kejahatan dengan mobil ikoniknya yang dapat berbicara, yang dijuluki Kitt.

Ada yang menarik dibalik kisah mobil Kitt. Karena Joe Huth, adalah salah satu pemilik mobil Kitt tahun produksi 1982. AJ Palmgren, sejarawan Knight Rider yang lain, berhasil melacak dua mobil Kitt asli yang digunakan dalam seriar televisi tersebut.

Dikatakan, untuk memfilmkan seri ini, para produsen menggunakan 20 mobil. Dari 20 mobil yang digunakan hanya lima yang berhasil selamat dari pembuatan film tersebut dan setelah serialnya dihentikan. 



Huth dan Palmgren disebut memiliki mobil Kitt asli, tetapi contoh mobil yang ditampilkan di episode baru Jay Leno’s Garage adalah spesial karena berbagai alasan.

Alasannya mobil yang dimiliki Huth adalah mobil stunt yang dibuang, jadi tidak memiliki bagian yang mewah, seperti dasbor yang dapat berbicara yang mengusung teknologi tinggi. Namun setelah pertunjukan berakhir pada 1986, Universal Studios merestorasi mobil stunt ini dan memajangnya di taman hiburan mereka.



Diinformasikan, mobil Kitt yang tampak di foto adalah model Pontiac Trans Am 1982, sebagai model khusus basis Firebird yang telah dipasangi bagian Trans-Am-like. Seperti yang ditunjukkan oleh Palmgren, para produsen juga menggunakan beberapa model Pontiacs untuk Kitt, diantaranya Firebird dan Trans Am tahun produksi 1982 - 1984.

Meski Kitt menampilkan mesin turbin (fiktif), model standar ini dilengkapi mesin V8 305 kubik-inci yang dipasangkan ke gearbox otomatis Turbo 350 yang diperbarui. Coupe ini juga memiliki banyak penyangga chassis dan sistem pengereman yang mewah, yang dapat mengunci roda depan jika melakukan sprint roda belakang. 


(UDA)