Teknologi Otomotif

Mazda Gandeng Toyota Kembangkan Mobil Hybrid

Ekawan Raharja    •    Senin, 06 Aug 2018 06:25 WIB
mazdateknologi otomotif
Mazda Gandeng Toyota Kembangkan Mobil Hybrid
New Mazda6 mendapatkan penyegaran di GIIAS 2018. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Saat ini Mazda maish terus mengembangkan beragam mobil dengan teknologi hybrid. Berbagai langkah strategis dilakukan, termasuk menggandeng mitra untuk diajak bekerja sama.

Langkah strategis yang dilakukan adalah menggandeng Toyota untuk mengembangkan mobil Mazda berteknologi hybrid. Mengingat Toyota sudah memiliki banyak lini produk untuk hybrid seperti Camry, Prius, atau bahkan Alphard.

General Manager ASEAN Business Office Mazda Motor Corporation, Susumu Niinai, menjelaskan Mazda dan Toyota sedang mengembangkan mobil dengan mini hybrid. Mini hybrid yang dimaksud adalah motor dan baterai berukuran kecil namun tetap bertenaga.

“Kami sedang mengembangkan mobil berteknologi hybrid dengan motor listrik dan baterai yang lebih kecil. Karena sistem ini biasanya pakai baterai besar, bagasi jadi sempit dan ongkos produksi lebih mahal,” ujarnya di sela GIIAS 2018.

Kemudian ketika membahas mobil full listrik, Mazda diakui masih melakukan studi. Hanya saja untuk produksi akan dilakukan pada 2019.

Susumu Niinai juga meyakini mesin pembakaran dalam juga masih bisa dikembangkan lebih dalam. Sehingga tetap menghasilkan rendah emisi.

“Meningkatkan efisiensi bahan bakar banyak caranya di mesin konvensional, dan produsen lain tidak mempunyai teknologi seperti kami,” ujarnya.

Proses kerja sama untuk mengembangkan mobil berteknologi tinggi ini bukan yang pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, Toyota juga sedang mengembangkan Toyota Supra berteknologi mesin dari BMW.


(UDA)