Kecelakaan Mobil

Hasil Investigasi, Model S ini Terbakar karena Kabel Kendur

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 15 Sep 2016 12:23 WIB
kecelakaan lalu lintas
Hasil Investigasi, Model S ini Terbakar karena Kabel Kendur
Tesla Model S terbakar di saat test drive di Prancis bulan lalu. Autoguide

Metrotvnews.com: Seusai menjalani proses penyelidikan, Tesla mengungkap penyebab kebakaran Model S saat melakukan test drive musim panas "Electric Road Trip", yang terjadi Agustus 2016 di Biarritz, Perancis. Dari hasil investigasi tersebut, ditemukan sambungan kabel listrik yang kendur. Sehingga mudah memantik api di sekitar kabel.

Juru bicara Tesla mengkonfirmasi kepada Fox News, hasil investigasi besar itu. Apalagi saat terjadinya kebakaran hebat, mobil sedang ditumpangi oleh dua tamu undangan dan perwakilan Tesla.

Menurut sopir Nicholas Cano, ada suara keras dari mobil sebelum karyawan Tesla memintanya untuk menepi, dan ketiganya berhasil meninggalkan kendaraan dengan selamat sebelum api membesar.

"Api itu disebabkan oleh sambungan listrik yang longgar, dan tidak dikencangkan. Sambungan listrik biasanya dipasang oleh robot, namun ada beberapa bagian tertentu dalam mobil yang dipasang secara manual," kata juru bicara Tesla di Prancis.

Dalam penjelasan tersebut menegaskan, mengapa ada beberapa bagian sambungan yang tidak dilakukan oleh robot seperti biasanya, dan juru bicara Tesla berjanji tidak akan ada lagi kejadian serupa di mobil lain.

Kejadian tragis pada Tesla Model S di Eropa bukan hanya kebakaran ini saja. Awal September 2016 lalu bahwa terjadi kecelakaan tragis Model S yang menabrak pohon di Belanda. Disinyalir karena fitur autopilot atau sistem autonomous-nya tak berfungsi baik. Tentu ini menjadi kritik besar bagi Tesla untuk memperbaiki masalah tersebut.


(UDA)