Mobil Nasional

Kelangsungan Proyek Esemka di Tangan Industri

Andhika Prasetyo    •    Kamis, 25 Oct 2018 07:07 WIB
mobil nasional
Kelangsungan Proyek Esemka di Tangan Industri
Deretan mobil Esemka di pabriknya di Sambi, Boyolali (22/10/2018). Calon mobil nasional ini sudah mendapatkan TPT (Tanda Pendaftaran Tipe) dan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Kementerian Perhubungan dan telah memproduksi salah satu jenis mobil pickup. Anta

Jakarta: Setelah sekian tahun lamanya tak terdengar kabarnya, sebulan terakhir Esemka kembali menjadi berita. Proyek mobil nasional ini sudah mulai memasuki tahap produksi massal dan jadi tugas pemerintah mendukung kelangsungannya.

"Karena itu jelas brand dan principal Indonesia," tegas Presiden Joko Widodo sekaligus memastikan kesediaannya untuk menghadiri peluncuran resminya.

Penegasan tersebut disampaikannya di sela pembukaan Trade Expo Indonesia 2018, di ICE, BSD, Tangerang, Rabu (24/10/2018). Presiden menegaskan kelanjutan produksi mobil Esemka berada di tangan pelaku industri dan tugas pemerintah mendorong peningkatan mutu agar lulus uji emisi dan kelaikan,

"Tugas pemerintah hanya itu. Setelah jadi, ya diserahkan kepada industri mau diproduksi atau tidak. Mosok presiden buat pabrik sendiri? Bikin mobil Esemka sendiri? Itu bagian industri," ujar Jokowi.


Sedianya, mobil yang bermula dari kreasi siswa-siswa SMK yang dibantu beberapa teknisi perusahaan-perusahaan besar itu kini telah melalui uji tipe kendaraan atau Vehicle Type Approval (VTA) di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perhubungan. Belum dipastikan keberlanjutan produksi massal.


 


(LHE)