Tips Knowledge

Cara Mudah Rekondisi Pelek Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 16 Oct 2018 08:30 WIB
tips knowledge
Cara Mudah Rekondisi Pelek Mobil
Tutup bagian ban sebelum pengecatan agar rapih. Medcom.id/Ahmad Garuda

Jakarta: Memodifikasi mobil supaya tampil lebih keren tidak selalu harus merogoh kocek kantong yang besar. Rekondisi pelek lama yang layak dipakai adalah pilihan yang masuk akal.

Jika pelek lama yang Anda gunakan masih layak pakai, tidak ada salahnya direkondisi agar terlihat segar. Pemilik bengkel reparasi pelek bekas di bilangan Bekasi Barat, Wahyu, membeberkan cara gampang merekondisi pelek mobil yang masih layak pakai.  
 
Jika pelek Anda tidak peang dan hanya lecet akibat menyerempet benda lain maka tidak perlu khawatir. Anda cukup mengampelasnya dengan ampelas halus, kemudian dipoles menggunakan wax agar mengkilap. 

Biar tambah kinclong atau ingin terlihat seperti baru, maka bisa dicat ulang. Cukup menggunakan cat semprot kalengan. Disarankan sebelum mengecat, sebaiknya bagian ban dan bodi mobil ditutup dengan koran, atau wadah yang tak tembus, agar cat yang disemprotkan tidak melebar dan hasil pengecatan akan lebih rapih.

Tips ini disarankan oleh Wahyu bagi mereka yang tak mau repot dengan membongkar-pasang empat unit ban. Namun memang harus repot di awal untuk menutup bagian lain seperti pinggiran ban, hingga bodi mobil yang berdekatan ban. Lantaran cat semprot kalau dikerjakan di luar ruangan, bisa saja terbawa angin dan menempel di bodi mobil.

Bagian lain yang juga harus ditutup adalah kaliper rem dan cakram. Wahyu menyarankan, alangkah lebih baiknya jika melakukan pengecatan dengan cara membuka pelek dan melakukan pengecatan di tempat yang jauh dari mobil. Tapi tetap, sidewall ban harus ditutup agar cat tidak melebar ke bagian itu.


(UDA)