Tokyo Motor Show

Hino Umbar Teknologi Bus Listrik di Tokyo

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 28 Oct 2017 12:00 WIB
tokyo motor showhino
Hino Umbar Teknologi Bus Listrik di Tokyo
Hino Ponco EV lebih ramah lingkungan dan tenang. Hino

Metrotvnews.com: Industri otomotif memasuki era teknologi listrik saat ini, meski belum seluruhnya, sudah banyak brand otomotif memproduksi mobil bertenaga listrik, baik yang sudah produksi massal maupun berupa konsep. 

Hino juga tak mau kalah mengikuti perkembangan teknologi kendaraan listrik, mereka memamerkan Ponco EV di Tokyo Motor Show 2017. Ponco EV sendiri merupakan bus bertenaga listrik, yang menggantikan Ponco generasi sebelumnya yang bermesin diesel.

Ponco EV merupakan bus kota ringan dengan dimensi medium. Malah bus ini sudah beroperasi disejumlah kota di Jepang, seperti Sumida, Hamura dan Komatsu di prefektur Ishikawa.

Bus ini beroperasi berdasarkan high frequency charging concept, yaitu Hino Poncho EV diisi untuk daya listriknya setiap 10 km, sepanjang pengoperasian untuk menghasilkan kinerja yang baik.

Tentu kemampuan jelajah bus ini masih terbilang pendek, meski begitu dengan teknologi listrik yang diusungnya, penumpang bus dan penduduk sekitar yang dilewati bus ini akan nyaman karena tanpa polusi dan suara.

Motor listrik yang digunakan bus ini bertenaga 200 kW (268,2 daya kuda), dengan baterai lithium ion. Ponco mampu membawa 36 orang penumpang, dengan 11 orang duduk, 24 berdiri serta seorang supir.


(UDA)