Mobil Konsep

Toyota TJ Cruiser Concept, Lawan Setipe Xpander

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 07 Oct 2017 12:15 WIB
toyota
Toyota TJ Cruiser Concept, Lawan Setipe Xpander
Toyota TJ Cruiser lawan sepadan untuk Mitsubishi Xpander. Toyota

Metrotvnews.com: Toyota akan menampilkan sejumlah mobil baru serta mobil konsep dalam gelaran Tokyo Motor Show 2017, akhir Oktober ini. Salah satunya adalah Toyota TJ Cruiser, mobil konsep yang menurut kami lawan setipe untuk Mitsubishi Xpander.

Kenapa demikian? Karena mobil ini merupakan penggabungan dari ketangguhan SUV dan fleksibilitas MPV. Persis dengan XM Concept, yang jadi basis Xpander saat pertama kali dihadirkan.

Bedanya, jika Xpander lebih mengalir desainnya, maka TJ Concept ini lebih kaku. Bentuknya mengotak, yang justru menguatkan kesan maskulinnya. Entah jika diproduksi massal, apakah akan tetap seperti ini.

TJ Cruiser punya dimensi 4.300mm x 1.775mm x 1.620mm (PxLxT), dengan sumbu roda 2.750mm. Ukurannya tak terlalu besar, tinggal perbesar sedikit dimensinya, maka mobil ini akan cocok jadi lawan sepadan Xpander kelak.

Tapi bedanya, TJ Cruiser ini mengusung  pintu belakang tipe geser seperti halnya sebuah mobil van. Fleksibilitas jok di dalamnya juga patut diacungi jempol.

Mobil ini dikembangkan menggunakan paltform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang juga digunakan oleh Toyota Prius dan C-HR. Menarik untuk ditunggu sosok produksi massal mobil ini.


(UDA)