Tips Knowledge

Pentingnya Wheel Alignment di Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 06 Mar 2018 06:45 WIB
tips knowledge
Pentingnya <i>Wheel Alignment</i> di Mobil
Lakukan perawatan berkala ban mobil dengan spooring dan balancing. medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Mobil yang memiliki jam terbang tinggi perlu mendapat perawatan ekstra dari pemilik. Terlebih mobil yang Anda gunakan sering melewati jalan rusak atau berlubang, sehingga menyebabkan presisi ban mobil cepat berubah, termasuk memperpendek keawetan ban/roda. 

Jika dibiarkan dan tidak mendapat perawatan secara berkala, maka dalam jangka waktu tertentu akan berdampak terhadap kenyamanan berkendara. Ada beberapa ciri khas roda atau kaki-kaki mobil sudah tidak presisi lagi yang bisa dijadikan tanda ban mobil perlu menjalani perawatan wheel alignment atau penyeimbangan roda.

Manager Bosch, Dedy Ismanto membeberkan cara mengenali gejala ban/roda yang kondisinya sudah tidak baik lagi dan bisa dirasakan saat Anda menyetir. Di antaranya, setir terasa bergetar saat berjalan dan ban akan menarik ke salah satu arah. Jika sudah begini, disarankan untuk segera melakukan wheel alignment atau yang sering kita istilahkan dengan spooring dan balancing

Menurut Dedy, spooring befungsi untuk menyelaraskan roda bagian depan kanan dan kiri. Serta menjaga stabilitas kendaraan yang meliputi, setir yang ringan, menjaga gaya putar setelah belok dan mencegah kendaraan belok sendiri setelah dilepas.

Sedangkan balancing untuk membuat roda bagian depan dan belakang menjadi parallel menggunakan alat wheel balancer, agar mengetahui titik berat yang tidak balance/seimbang. Setelah itu roda akan diberi pemberat timah/weight balance yang dipasang pada pelek roda, sesuai dengan beban yang dibutuhkan.

Perlu diketahui, apabila ingin melakukan spooring, kondisi kaki-kaki yakni ball-joint dan ban/roda harus dalam kendaraan normal atau tidak rusak. Jika tidak, maka hasil pekerjaannya tidak maksimal.


(UDA)