Pameran Otomotif

Indonesia Diecast Expo, Tahun ini Fokus di 'Muscle Power'

Ahmad Garuda    •    Rabu, 11 Oct 2017 17:40 WIB
pameran otomotif
Indonesia Diecast Expo, Tahun ini Fokus di 'Muscle Power'
Koleksi diecast yang bakal ikut terpajang di IDE 2017 nanti. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia Diecast Expo (IDE) bakal kembali berlangsung di Jakarta pada 28–29 Oktober 2017. Tahun ini mereka mengangkat tema 'Muscle Power', yang mengacu ke mobil-mobil bertenaga besar dari berbagai jenis.

“Tema ini dipilih karena mobil jenis ini sedang booming dan punya banyak penggemar di tanah Indonesia,” ujar Ketua Panitia IDE 2017, Vero Sahetapy kepada Metrotvnews di d'Cost VIP, Jakarta Pusat.

Ragam acara pun sudah disiapkan para penggila mobil-mobil replika dari ragam merek dan model itu. Salah satu yang menarik adalah Collectors Night. Acara yang baru pertama kali diadakan di IDE ini, sebenarnya mirip dengan acara collectors convention yang dikemas dalam acara makan malam (dinner). Bahkan mereka bakal mengundang bintang tamu yang tak asing lagi di kalangan diecaster.

Masih berlokasi di Balai Kartini, Jakarta Selatan, sederet kegiatan Indonesia Diecast Expo tahun ini didedikasikan sepenuhnya bagi perkembangan dunia diecast di tanah air. Juga bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Kalau tahun lalu IDE kedatangan tamu istimewa di bawah label Hells Dept dari negeri Sakura, tahun ini penyelenggara menghadirkan seorang customizer dari Amerika Serikat. Selain hadir sebagai bintang tamu, Chris Stangler juga terlibat dalam penggarapan sejumlah diecast yang menjadi event cars IDE 2017.

Acara ini merupakan sebuah improvisasi yang dilakukan IDE demi meningkatkan kualitas satu-satunya acara diecast di Indonesia ini. Selain menampilkan kurang lebih 80 pelapak yang menjual diecast dari berbagai merk dan skala, IDE juga selalu memamerkan koleksi diecast dari sejumlah kolektor dan komunitas.

Seluruh koleksi diecast yang dipamerkan di Indonesia Diecast Expo merupakan koleksi pribadi para kolektor dan komunitas, dan tidak untuk dijual. Selain itu, acara rutin seperti diecast race, diecast custom competition, diecast photo contest, display diorama, dan yang lainnya sudah disiapkan khusus.

Meski skalanya adalah pameran miniatur mobil, tapi konten pamerannya hampir sebanding dengan pameran mobil seperti GIIAS 2017 atau IIMS 2017. Masyarakat yang ingin mengetahui lebih banyak tentang diecast bisa membeli tiket seharga Rp40.000.


(UDA)