Lalu Lintas

Perluasan Ganjil-Genap Berlaku Hari Ini, Pelanggar akan Ditindak

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 01 Aug 2018 07:07 WIB
lalu lintas
Perluasan Ganjil-Genap Berlaku Hari Ini, Pelanggar akan Ditindak
Perluasan kawasan ganjil genap mulai berlaku hari ini. Dok. Medcom

Jakarta: Perluasan area yang diberlakukan aturan ganjil-genap sebagai rekayasa lalu lintas untuk kelancaran Asian Games 2018 mulai berlaku per hari ini, Rabu (1 Agustus 2018). Hal ini setelah selama sebulan sebelumnya dilakukan sosialisasi.

Jika pada masa sosialisasi para pengendara yang melanggar masih diberikan teguran dan dialihkan, maka mulai hari ini akan langsung ditindak. Hukumannya berupa kurungan dua bulan atau denda sebesar Rp500 ribu.

"Mulai Agustus kita berlakukan penindakan (tilang) pelanggar ganjil genap. Sama dengan penindakan lain, pengendara yang melanggar akan diberikan sanksi dan denda," ujar Kombes Yusuf, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya dalam Metro Pagi Primetime, Selasa, 31 Juli 2018.

Yusuf mengatakan telah menempatkan sebanyak 600 personel di masing-masing simpul jalan yang menerapkan sistem ganjil genap. Personel akan berjaga secara bergantian untuk mengawal pelaksanaan kebijakan tersebut.

Berdasarkan hasil evaluasi selama masa sosialisasi, Yusuf menyebut mayoritas pengendara telah mengetahui penerapan ganjil genap di sejumlah ruas jalan. Pelat nomor kendaraan yang tak sesuai namun masih melintas pun semakin berkurang.

Ada pun wilayah yang berlaku ganjil genap adalah Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH. Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jalan Jenderal S Parman, Jalan MT Haryono, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Jenderal DI Panjaitan, Jalan Jenderal Ahmad Yadi, Jalan Benyamin Sueb, Jalan Metro Pondok Indah dan Jalan RA Kartini.


(UDA)