Industri Otomotif

Intip Area Parkir Mobil VW Terdampak Dieselgate

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 04 Apr 2018 06:49 WIB
volkswagen
Intip Area Parkir Mobil VW Terdampak Dieselgate
Ribuan mobil Volkswagen tersimpan di sekitar padang pasir California. Reuters

California: Masih ingat kasus dieselgate yang melibatkan pabrikan Volkswagen Group? Skandal emisi mesin diesel mobil-mobil buatannya membuat pabrikan Jerman itu rugi besar.

Mereka pun dituntut untuk mengganti mobil konsumen yang terdampak, atau membelinya kembali. Sekitar 350 ribu unit mobil dan dana USD7,4 milliar mereka keluarkan untuk membeli lagi mobil tersebut dari tangan konsumen.

Lalu apakah mobil yang dibeli dari tangan konsumen diperbaiki dan dijual lagi? Jawabannya tidak selalu begitu. Mereka mengumpulkan mobil-mobil ini dibeberapa titik di Amerika Serikat, salah satunya ada di area padang pasir, California. 

Disini jadi parkiran besar bagi mobil racikan Volkswagen Group. "Mobil ini dirawat untuk menjaga kualitas dan bisa berfungsi baik, jadi mungkin akan dijual atau diekspor, tergantung pemerintah jika menyetujui," kata Jeannine Ginivan, juru bicara Volkswagen.

Secara total, Volkswagen menggelontorkan dana hingga 25 milyar dollar untuk kasus ini, dan membeli lagi hingga 500 ribu unit mobil terdampak kasus ini. Volkswagen akan terus membeli mobil diesel milik konsumen hingga akhir 2019.

Mobil-mobil yang terdampak kasus ini adalah mesin diesel dari  berbagai merek yang bernaung di bawah bendera Volkswagen Group, seperti Volkswagen, Porsche dan Audi.


(UDA)