Industri Otomotif

Duet Ford-Zotye, Riset Mobil Listrik Terbaru

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 23 Aug 2017 11:53 WIB
ford
Duet Ford-Zotye, Riset Mobil Listrik Terbaru
Ford dan Zotye siap hadirkan mobil listrik. Carscoops

Metrotvnews.com: Pabrikan mobil asal Amerika yakni Ford menandatangi surat kerja sama dengan pabrikan mobil Cina, Anhui Zotye Automobile. Zotye dikenal sebagai produsen mobil listrik ternama di negeri tirai bambu tersebut.

Kerja sama ini bertujuan memproduksi mobil tanpa emisi terbaru, yang akan dijual di Tiongkok. Selain mengembangkan dan merakitnya, keduanya juga akan fokus terhadap pemasaran produk dan perawatan.

"Potensi untuk meluncurkan lilni baru mobil listrik di pasar besar otomotif, merupakan langkah menyenangkan bagi Ford di Cina. Mobil listrik akan menjadi bagian besar di masa depan Cina, dan Ford ingin memimpin dalam memberi solusi bagi konsumen," kata Peter Fleet, petinggi Ford Asia Pasifik.

Kerja sama ini juga semakin mendekatkan Ford kepada rencana mereka, untuk mengenalkan 13 mobil listrik baru secara global dalam jangka lima tahun ke depan. Termasuk rencana mereka menghadirkan SUV kecil bertenaga listrik untuk pasar Asia, Amerika dan Eropa.

Seperti halnya pabrikan asal Tiongkok, Zotye memproduksi mobil namun desainnya mirip dengan mobil milik brand kenamaan. Contohnya adalah Zotye SR9 yang bentuknya mirip dengan Porsche Macan.

Namun dengan kolaborasi bersama Ford, rasanya desain mobil listrik mereka akan original. Artinya tak ada desain yang meniru desain dari pabrikan mobil lain.


(UDA)