Mobil Konsep

Mars Rover Concept Siap Menjelajah Mars

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 09 Jun 2017 15:49 WIB
mobil konsep
Mars Rover Concept Siap Menjelajah Mars
Mars Rover Concept Vihicle. Autoevolution

Metrotvnews.com: Bagian dari upaya untuk menjelajah Mars, Badan Antariksa NASA memperkenalkan mobil konsep Mars Rover baru, di perayaan Festival Musim Panas Mars, di Kennedy Space Center, Amerika Serikat (AS), Rabu (7/6/2017).

"Ini adalah upaya kita untuk menjelajahi Mars dan melihat ke depan apa yang direncanakan. Kami berharap ini akan mendorong minat kaum muda untuk  belajar lebih banyak dan menjadi bagian dari upaya untuk pergi ke Mars," kata  asisten manajer humas, Rebecca Shireman, kepada Autoevolution.

Dikutip dari Autoevolution, mobil antariksa ini akan menggantikan mobil Mars Rover sebelumnya, yang akan bertugas sebagai laboraturium penelitian bergerak.

Dengan panjang 8,5 meter, lebar 4,2 meter dan tinggi 3,3 meter, Mars Rover mampu menampung empat orang, dilengkapi jok penumpang yang terbuat dari aluminium dan serat karbon.

Untuk memperluas jangkauan jelajahnya, Mars Rover dipersenjatai enam roda dengan kemampuan berjalan di atas batu, kawah dan bukit pasir. Termasuk adanya penggerak listrik panel surya.

Bentuk mobil yang besar akan jadi pertimbangan bagi NASA dalam hal pengiriman. Kemungkinan NASA akan membagi pengiriman menjadi beberapa bagian, seperti yang dilakukan industri otomotif sebagai perangkat completely knocked down (CKD).


(UDA)