Teknologi Otomotif

Ford Pamerkan Perkembangan Teknologi Mobil Otonom

Ekawan Raharja    •    Rabu, 28 Jun 2017 09:00 WIB
ford
Ford Pamerkan Perkembangan Teknologi Mobil Otonom
Ford kembali melakukan uji coba mobil otonom di proving ground milik University of Michigan's Mcity di Amerika Serikat. Ford

Metrotvnews.com: Ford merupakan salah satu pabrikan yang cukup agresif mengembangkan mobil tanpa supir atau mobil otonom. Bahkan baru-baru ini mereka kembali melakukan uji coba untuk menunjukan perkembangan teknologi yang mereka miliki.

Kali ini mereka melakukan uji coba di proving ground milik University of Michigan's Mcity di Amerika Serikat. Rival General Motors ini kembali melakukan uji coba dengan menggunakan sedan Fusions yang sudah dilengkapi dengan perangkat tambahan otonom.

Menurut laporan dari test driver yang tak disebutkan namanya itu, mobil bisa sukses melaju dengan rata-rata kecepatan 40 kilometer per jam (kpj). Kemudian sensor juga dengan baik bisa membaca lampu merah, putaran balik, mengenali pejalan kaki orang sesungguhan, hingga pengendara sepeda.

Hal yang terpenting, teknologi masa depan Ford ini bisa membawa kesemuanya dengan baik tanpa adanya insiden. Mobil juga tetap melaju dengan mulus, seperti dikutip dari Automotive News.

Namun Ford mengakui bahwa teknologi mereka masih memiliki kelemahan, khususnya mengenai pemetaan area dengan kualitas high-definition (HD). Senior Leader for Autonomous Vehicle Ford, James McBride, menjelaskan pemetaan berstandar HD akan sangat membantu mobil untuk melihat kondisi lingkungan, seperti tikungan, yang mana kamera dan radar tidak bisa membawanya.

Ford menargetkan mobil otonom level 4 atau sepenuhnya tanpa supir mulai dipasarkan pada 2021. Hingga saat ini mereka masih menanti pengembangan peta berstandar HD untuk melengkapi teknologi masa depan ini.

Kemajuan yang dilakukan oleh Ford tentu menjadi tanda persaingan pengembangan mobil otonom semakin sengit. Selain Ford, BMW, Nissan, Hyundai, Volvo, dan juga bahkan perusahaan teknologi seperti Apple juga mengembangkan teknologi serupa.




(UDA)