Komponen Otomotif

Turbox, Supplemen Penambah Tenaga Mobil Bermesin Turbo

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 03 Jun 2017 16:00 WIB
komponen otomotif
Turbox, Supplemen Penambah Tenaga Mobil Bermesin Turbo
Turbox sudah mulai dipasarkan dengan harga Rp2,7 juta. MTVN/Ekawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini sudah banyak chip microcomputer atau yang lebih dikenal dengan nama piggyback di pasar komponen aftermarket tanah air. Persaingan pun semakin ramai dengan piggyback terbaru yakni Turbox.

Komponen ini dihadirkan khusus untuk mobil-mobil dengan mesin berteknologi turbo. Turbox nantinya akan memanipulasi angin yang ada di dalam mesin, dan membuat mobil lebih bertenaga.

"Turbox akan memanipulasi Manifold Absolute Pressure (MAP) Sensor sehingga membaca peredaran udara akan lebih banyak. Efeknya injektor akan mencipratkan bensin lebih banyak, sehingga mesin lebih bertenaga," ujar Direktur PT Citra Turbo Selaras, Albert Prasetya Nursalim, pada Jumat (2/6/2017) di Kantornya di Cakung, Cilincing, Jakarta.

Pemasangan komponen ini juga sederhana, plug and play, sehingga tidak menghilangkan garansi di mobil. Nantinya Turbo akan dipasang di sambungan antara MAP Sensor dengan Engine Control Unit (ECU).

Efek dari pemasangan piggyback ini adalah meningkatkan tenaga mobil. Mereka mengklaim peningkatan tenaga mencapai 26 daya kuda (dk).

"Disini ada 14 pengaturan, dan tenaga yang dihasilkan bisa meningkat 26 dk. Kita sudah coba dyno test. Hasilnya Toyota Fortuner VNT naik 26 dk, dan Mitsubishi Pajero Sport naik 20 dk," sambung Albert.

Nantinya Tubox akan mulai bekerja saat mobil melaju dengan putaran mesin di atas 2,000 rpm. Namun jika di dalam kondisi jalanan macet dan mobil bergerak dengan putaran mesin di bawah 2.000 rpm, maka piggyback ini tidak aktif.

"Kalau sudah membahas performa, bensin pasti lebih boros dan saya tidak mau bohong. Cuma kalau jalan biasa, turbox tidak berfungsi dan bensin seperti biasa saja," beber pria yang pernah tinggal di Singapura tersebut.

Saat ini Albert sudah mulai memasarkan Turbox ke berbagai bengkel dan juga bisa di dapatkan secara online. Para pemilik mobil yang tertarik bisa memiliki piggyback ini dengan harga Rp2,7 juta per unit.


(UDA)