Teknologi Otomotif

Toyota Ogah Ikut-Ikutan Pakai Mesin Turbo

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 04 Aug 2017 14:56 WIB
toyota
Toyota Ogah Ikut-Ikutan Pakai Mesin Turbo
Dengan Dynamic Force, mesin 2.500 cc Camry bisa lebih efisien dan bertenaga. Carscoops

Metrotvnews.com: Raksasa industri otomotif Toyota belum terlalu tertarik untuk mengikuti jejak rival-rivalnya yang sudah banyak menggunakan mesin turbo untuk mobil-mobil terbaru. Seperti yang dikabarkan Carscoops, bahwa merek asal Jepang itu, punya cara tersendiri memaksimalkan performa mesin tanpa turbo.

Seperti kita tahu, bahwa turbo punya fungsi yang cukup besar untuk alasan efisiensi penggunaan bahan bakar dan juga mengangkat performa mesin. Selain itu, juga mampu membuat mobil lebih lebih ramah lingkungan karena mampu memangkas emisi gas buang. Mereka justru akan fokus mengembangkan mesin naturally aspirated (non turbo).

Dikatakan Executive Program Manager Toyota North America, Ben Schlimme, perusahaannya berinvestasi untuk membuat mesin non turbo miliknya menjadi lebih baik.

Toyota mencontohkan di Camry 2018. Pabrikan Jepang itu mengenalkan teknologi dynamic force, sebuah strategi mesin baru yang fokus pada pengembangan mesin non turbo. Hasilnya mesin 2.500 cc Camry lebih bertenaga dan efisien.

Schlimme menambahkan, hal itu bisa tercapai berkat pengembangan yang fokus pada empat area, yakni aliran gas buang pada knalpot, meminimalisir gesekan, pendinginan dan sistem intake pada mesin.

Kelak perilaku yang sama juga akan dilakukan oleh Toyota terhadap mesin-mesin mereka yang lainnya.


(UDA)