Penjualan mobil

Persaingan SUV Nasional, Pajero Sport Keok Atas Fortuner

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 19 Sep 2017 12:35 WIB
penjualan mobil
Persaingan SUV Nasional, Pajero Sport Keok Atas Fortuner
Fortuner kuasai segmen SUV diesel berbasis pikap. Dok. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Persaingan SUV bermesin diesel yang menggunakan sasis ladder frame cukup sengit. Mobil ini banyak disukai pejabat pemerintahan, dan konsumen kalangan menengah atas.

Di sini diisi oleh Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Chevrolet Captiva dan Isuzu mu-X. Tapi persaingan sengit mengerucut pada Fortuner dan Pajero Sport.

Meski banyak yang bilang Fortuner kalah fitur dari Pajero Sport, nyatanya soal penjualan produk Fortuner lebih unggul. Agustus kemarin distribusi Fortuner mencapai 2.777 unit, berbanding 1.721 unit Pajero Sport.

Menariknya, tipe tertinggi jadi favorit untuk konsumen di segmen ini. Fortuner tipe VRZ dan Pajero Sport tipe Dakar 4x2. Kedua mobil ini pun menghadirkan varian terbaru yang juga punya kasta lebih tinggi yakni Fortuner TRD dan Pajero Sport Ultimate.

Melihat data Gaikindo, distribusi Fortuner selalu diatas angka 1.500 unit tiap bulannya. Sementara Pajero Sport diatas angka 1.000 unit perbulannya. Secara total, Fortuner sudah terdistribusi 15.808 unit dan Pajero Sport 11.692 unit sepanjang delapan bulan 2017 ini.

Bagaimana dengan pemain lainnya? Well, Trailblazer ternyata lebih unggul dari mu-X. Meski sama kuat di Agustus yang sama-sama meraih 73 unit, secara total Trailblazer unggul dengan 526 unit berbanding 463 unit mu-X.


(UDA)