Industri Otomotif

Kasus Emisi Mesin Diesel Bergulir ke Fiat Chrysler

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 22 Jun 2017 12:35 WIB
dieselgate
Kasus Emisi Mesin Diesel Bergulir ke Fiat Chrysler
Dodge Ram jadi salah satu model yang diuji emisinya. Wikipedia

Metrotvnews.com: Popularitas mesin diesel di Benua Eropa dan Amerika menurun seiring terkuaknya kasus dieselgate Volkswagen yang memanipulasi data emisi mesin jenis ini. Kini kasus sama muncul, dan kali ini menyerang Fiat Chrysler Automobiles (FCA).

Dituliskan Leftlanenews, mesin diesel EcoDiesel racikan FCA melebihi ambang batas NOx 20 kali lipat. Meski pihak pabrikan membantah hal tersebut.

"Kami melihat hasil emisi pada saat mobil digunakan dan saat berada di atas dynamometer lebih rendah ketimbang fakta saat digunakan di jalanan. Berarti mobil ini diatur dengan gaya berbeda," kata Daniel Carder, Director of West Virginia University.

Pada tes yang dilakukan Daniel melibatkan lima unit Dodge Ram dan Jeep model 2014-2015. Semua mobil ini menghasilkan NOx tiga hingga 20 kali lipat dari batas yang disarankan.

Namun pihak FCA tak setuju dengan hasil yang dikemukakan Daniel. Dalam pernyataannya, mereka menanyakan seperti apa pengujian yang dilakukan. "Pengujian ini dilakukan oleh penggugat," katanya.

FCA juga menjelaskan, pengujian yang dilakukan akan berbeda semisal mengemudi dengan kecepatan tinggi atau memberikan beban berat. Jika kedua tes yang dilakukan sudah pasti akan menambah emisi yang dikeluarkan serta menambah konsumsi bahan bakar.


(UDA)