Mobil Baru

Apa yang berubah dari Versi Konsep Small MPV Mitsubishi?

Ahmad Garuda    •    Selasa, 25 Jul 2017 19:24 WIB
mitsubishi
Apa yang berubah dari Versi Konsep Small MPV Mitsubishi?
Small MPV Mitsubishi memiliki punya perbedaan khusus dengan versi konsepnya. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Mitsubishi sudah memberikan sneak preview kepada jurnalis dan konsumen terpilihnya tentang bentuk small MPV (multi purposes vehicle) terbarunya. Melihat sekilas penampakannya, tidak banyak yang berubah dari versi konsep.

Namun ada beberapa hal detail yang disesuaikan agar cocok dengan keinginan dan ekspektasi konsep masyarakat kita. Beberapa di antaranya adalah desain bagian belakang yang berubah bentuk, kemudian lingkar roda yang berbeda, turun 2 inci. Lalu kaca spion yang dulunya menggunakan kamera, kini menggunakan kaca.

"Kami melakukan perubahan di mobil ini berdasarkan hasil riset kami untuk masyarakat Indonesia. Tapi kami menegaskan bahwa perubahannya tidak banyak. Saya berani mengatakan bahwa 90 persen detaik mobil tersebut sesuai dengan versi konsepnya. Ini kalau kita bicara tentang tampilannya," klaim  Head of Sales and Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Imam Choeru Cahya.

Penampakan Depan

Ada pun bagian-bagian yang berubah jika ditilik secara kasat mata, adalah grill bagian atas yang sebelumnya menggunakan full LED, kini menggunakan grill terpisah chrome. Kemudian model lampu utama yang bentuk alur LED-nya juga berubah jadi model yang biasa saja.

Penampakan Belakang

Satu-satunya bagian yang berubah banyak jika dilihat kasat mata, adalah bagian belakang mobil ini. Kini tak lagi model cembung seperti versi konsepnya, melainkan punya desain mirip dengan Outlander Sport.

Lingkar Roda

Saat memamerkan XM Concept di beberapa ajang pameran otomotif nasional, mobil tersebut menggunakan ban dengan lingkar roda 18 inci. Sementara untuk versi produksi massalnya menggunakan lingkar roda 16 inci. Walaupun tak begitu besar perannya, namun secara estetika mengurangi kegarangan ala SUV yang digendongnya.

Komponen Lain dan Interior
Bagian lain yang berubah adalah penggunaan rear view mirror dari kaca yang tak lagi menggunakan kamera kecil, juga terlihat cukup signifikan. Sayangnya penutup mounting spionnya, terlihat agak janggal, karena plastik berwarna hitam yang ada di sana. Semoga ini masih bisa berubah dalam versi jadinya nanti.

Sementara bagian yang dipastikan berubah banyak adalah di sisi interior. Mulai dari material kabin, bentuk kemudi hingga warna. Menurut keterangan dari Imam, bahwa bagian interior ini yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat kita.

Model bagian belakang small MPV Mitsubishi versi konsep

Harga
Berbicara tentang posisi harga, banyak yang beranggapan bahwa strategi Mitsubishi kurang tepat penempatannya. Mengingat mereka menawarkan sesuatu yang baru di segmen yang cukup padat, namun posisi harga yang setara dengan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang jadi raja pasar segmen Low MPV.

Dengan lokasi aftersales service yang lebih banyak, dipastikan Mitsubishi butuh effort lebih besar untuk membuat produknya bisa bersaing di pasar nasional secara keseluruhan. Mobil ini diklaim bakal dilepas dengan harga Rp189 juta hingga Rp245 juta. Apakah ini efektif? kita lihat saja nanti.


(UDA)