Mobil Listrik

Porsche Punya 'Dispenser' Listrik Tercepat

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 19 Jul 2017 14:00 WIB
mobil listrikporsche
Porsche Punya 'Dispenser' Listrik Tercepat
Dispenser listrik Porsche akan kompatibel untuk semua merk mobil listrik. electrek

Metrotvnews.com: Riset elektrifikasi untuk supercar -bahkan sportcar- bisa dibilang masih sangat jauh panggang dari api. Sejauh ini belum ada mobil bermotor listrik murni yang benar-benar mampu menyamai performa mesin V10 turbocharged.

Porsche paham benar situasi ini dan tidak buru-buru memproklamirkan diri siap memproduksi massal 911 listrik yang sudah ada purwarupanya. Namun produsen yang bermarkas di Jerman tersebut sudah menyiapkan produk unggulan lainnya, yaitu supercharger alias mesin dispenser pengisian bahan bakar listrik tercepat di dunia.



Sebagaimana dikutip dari Electrek, dispenser produksi Porsche memiliki kekuatan untuk mengisikan daya mulai 150 kW hingga 350 kW. Kecepatan pengisian listriknya ke setiap satu unit baterei mobil hingga 80 persen kapasitas penuhnya, cukup 15 menit.

Meski lebih cepat dibandingkan dispenser listrik produksi Tesla yang terbesarnya 120 kW, bagi Porsche waktu 15 menit untuk 80 persen itu masih terlalu lama. Sebelum resmi untuk dipasarkan pada 2019, Porsche ingin dalam waktu 15 menit itu baterei sudah terisi 100 persen penuh.

Porsche akan bermitra dengan perusahaan mobil lain untuk menginstal stasiun pengisian baterai berkekuatan 350kW produksinya di seluruh Eropa dan Amerika. Sedangkan Tesla memilih berkonsentrasi menyiapkan supercharger baru yang lebih cepat dari sekarang untuk Amerika dan Tiongkok.

 


(LHE)