Industri Otomotif

Suzuki India Sukses Jual Dua Juta Unit Wagon R

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 25 Sep 2017 08:55 WIB
suzuki mobil
Suzuki India Sukses Jual Dua Juta Unit Wagon R
Sudah dua juta unit Wagon R terjual di India. Indianautosblog

Metrotvnews.com: Suzuki Wagon R sudah terjual sebanyak dua juta unit pada September 2017. Penjualan ini tercapai di India, yang memang pasar otomotifnya besar, dan Suzuki Maruti jadi salah satu pabrikan terbesar di sana.

Wagon R pertama kali rilis di India tahun 1999, sebagai kompetitor dari Hyundai Santro dan Daewoo Matiz. Saat kedua lawannya berganti nama, maka Wagon R terus eksis hingga saat ini.

Di India, Wagon R mengusung mesin K10B 1.000cc tiga silinder, dengan keluaran tenaga 67 daya kuda, dan torsi 90 Nm. Ada pula versi bahan bakar gas (CNG), tiga silinder yang bertenaga 58,31 daya kuda, dan torsi 77 Nm.

Di Indonesia sendiri, mobil ini bernama Karimun saat pertama kali muncul. Penambahan embel-embel Estilo di  generasi kedua, dan generasi ketiga penambahan Wagon R menjadi Karimun Wagon R.

Mobil ini diposisikan oleh PT Suzuki Indomobil Sales, selaku produsennya masuk dalam kelas LCGC (low cost green car). Sepanjang 2017 ini (Januari-Agustus) penjualan Karimun Wagon R mencapai 3.732 unit.


(UDA)