Tips Knowledge

Setir Mobil Bergetar Saat Direm? Cek Kondisi Cakram

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 30 Jul 2017 13:47 WIB
tips mobil
Setir Mobil Bergetar Saat Direm? Cek Kondisi Cakram
Cakram bergelombang masih bisa dibubut hingga 2-3 kali. All State Blog

Metrotvnews.com, Jakarta: Seiring rutin digunakan, pastilah akan ada komponen mobil yang rusak atau aus. Gejala kerusakan tersebut bisa diketahui dengan melihat kondisi mobil, atau dirasakan secara langsung saat sedang berkendara.

Contohnya adalah setir yang bergetar ketika melakukan pengereman dalam kecepatan tinggi. "Mobil saya kalau direm dari kecepatan tinggi misal 100 km/jam, setir akan getar seiring pedal rem yang diinjak semakin kuat," keluh Rizal Pamungkas.

Dian Triyagus, Service Advisor Nissan Sukamaju, Depok mengatakan, hal itu bisa dipastikan karena kondisi cakram rem depan yang bergelombang. "Namanya benda berputar, terus dijepit kampas rem tentu lama-lama akan bergelombang," katanya.

Hal inilah yang membuat setir bergetar saat mengerem dalam kecepatan tinggi. "Solusinya bisa dibubut agar kondisi cakram kembali rata dan lurus," jelasnya.

Cakram tadi dibubut kurang lebih satu hingga dua milimeter. "Cakram bisa dibubut sampai batas minimal lima sampai sepuluh milimeter, tergantung mobilnya. Rata-rata dua-tiga kali bubut masih bisa, diatas itu estimasi ganti," ujar pria ramah ini.

Gejala ini rata-rata bisa dirasakan saat pengereman dengan kecepatan di atas 60 km/jam. "Tapi kalau setir getar saat mobil berjalan normal, bisa jadi kaki-kaki atau bannya," tutupnya.


(UDA)