Regulasi Otomotif

Nissan Digugat, Elgrand Tak Punya Ban Cadangan

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 07 Jun 2018 09:44 WIB
nissan
Nissan Digugat, Elgrand Tak Punya Ban Cadangan
Nissan Elgrand tak dilengkapi ban cadangan. Nissan

Jakarta: PT Nissan Motor Indonesia (NMI) digugat tiga orang konsumennya yakni David Tobing, Agus Soetopo dan Dessy Tiurlan Sagala. Persoalannya gara-gara mobil Nissan Elgrand milik ketiganya tak dilengkapi dengan ban cadangan.

Tak hanya NMI saja yang jadi sasaran, Nissan Motor Distributor Indonesia dan Menteri Perhubungan juga termasuk didalamnya. Gugatan ini terdaftar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan nomor register 317/PDT.G/2018/PN.JKT.PST.

Dari informasi yang beredar, ketiga penggugat merasa dirugikan karena Nissan Elgrand 2.5 Highway Star miliknya, tak dilengkapi ban cadangan, bahkan tempat untuk ban cadangan pun tidak tersedia. Masing-masing penggugat menghukum NMI Rp830 juta dan mobil dikembalikan kepada NMI.

"NMI telah melakukan perbuatan melawan hukum, karena tidak menyediakan ban cadangan dan tempat ban cadangan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan," kata David Tobing. 

PP tersebut menyatakan kewajiban kepada pihak yang membuat, merakit dan atau mengimpor kendaraan bermotor secara massal untuk melakukan uji tipe terhadap fisik atau penelitian terhadap rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor.

"Bahwa komponen-komponen yang harus dipenuhi dalam uji tipe meliputi keberadaan ban cadangan dan tempat ban cadangan," tambahnya. Tak ayal Kementerian Perhubungan ikut digugat karena merupakan instansi yang mengeluarkan sertifikat uji tipe.

Saat ini teknologi otomotif semakin berkembang, termasuk ban yang punya fitur RFT (run flat tire). Ban jenis ini tetap bisa digunakan  meski bocor dan biasanya terdapat pada mobil-mobil premium, sehingga tak perlu ban cadangan lagi.

Namun Indonesia dalam PP Nomor 55 Tahun 2012 dan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, mengatur perlengkapan kendaraan, termasuk keberadaan ban cadangan. Hal inilah yang jadi penyebab Nissan digugat.


(UDA)