balap motor

Strategi dan Persiapan Pembalap Indonesia untuk Juara ARRC Seri Terakhir

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 26 Nov 2016 14:00 WIB
balap motor
Strategi dan Persiapan Pembalap Indonesia untuk Juara ARRC Seri Terakhir
Imanuel Pratna sudah memulai latihannya untuk ARRC 2016 seri terakhir di Thailand. IP

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembalap Indonesia, Imanuel Pratna berambisi untuk meraih podium pertama pada seri terakhir kelas Asia Production (AP) 250 cc di Asian Road Race Championship (ARRC) 2016. Sejumlah persiapan dan strategi sudah dipersiapkan Imanuel untuk meraih target tersebut.

Strategi pertama yang dilakukan oleh Imanuel Pratna adalah dengan memetakan kekuatan lawan. Dia menilai pembalap Thailand, Apiwat Wongthananon menjadi lawan yang sulit karena memiliki kemampuan yang baik dan didukung oleh pembalap Thailand lainnya.

"Para pembalap Thailand saling membantu. Itu sudah diatur di dalam tim. Jadi, pembalap yang diposisikan sebagai penarik bagi pembalap yang diplot sebagai pemenang. Mereka saling tarik dan jaga posisi agar tidak ada pembalap lain yang bisa masuk," ujarnya melalui surat elektroniknya.

Oleh karena itu, Imanuel bakal tampil agresif sejak awal hingga akhir. Tentunya dia juga akan mengaplikasikan skill dan pengetahuan yang sudah diajarkan oleh pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, di VR46 Racing Academy.

"Saya latihan menggunakan sepeda motor supersport 600 cc. Hal itu membantu saya untuk bisa menguasai handling motor dengan lebih baik. Jadi rasanya lebih enteng ketika mengendarai sepeda motor 250 cc. Saya  juga jadi lebih berani memaksimalkan performa di setiap tikungan," sambungnya.

Setelah menguasai handling tunggangan, Imanuel mulai belajar kontrol sepeda motor saat sliding. Di sini, dia belajar untuk melakukan counter saat sepeda motor akan sliding berlebihan.

"Saya berharap bisa tampil fit saat balapan berlangsung. Ini penting agar bisa tampil maksimal, dan jadi penginat untuk mencapai taget juara di Asia tahun depan."

Putaran terakhir Asia Road Racing Championship (ARRC) 2016 akan berlangsung di Chang International Circuit, Buriram, Thailand 3-4 Desember. Sejumlah pembalap Indonesia bakal tampil, di antaranya Imanuel Pratna, Syahrul Amin, Galang Hendra, Rey Ratukore, Jefri Tosema, dan Gerry Salim.


(HIL)