Teknologi Otomotif

KTM Persiapkan Mesin 2-Tak Injeksi

Ekawan Raharja    •    Jumat, 17 Mar 2017 18:10 WIB
ktm
KTM Persiapkan Mesin 2-Tak Injeksi
KTM kembangkan mesin 2-tak untuk KTM EXC. KTM

Metrotvnews.com: Sudah banyak pabrikan sepeda motor yang meninggalkan mesin dengan teknologi 2-strokes atau lebih familiar dengan sebutan 2-tak. Namun tidak dengan KTM yang kini malah mengembangkan mesin 2-tak.

Dikutip dari Autoevolution, pabrikan asal Austria ini sedang mengembangkan 2-tak fuel Injected. Bahkan dalam dalam waktu dekat ini, mesin ini sudah bisa diperkenalkan.

KTM menamakan teknologi ini 2-strike TPI (Transfer Port Injection). Meski 2-tak, namun konsumsi bahan bakarnya akan lebih hemat dan efisien ketika menyalurkan tenaga.

"Kami sudah mengembangkan mesin 2-tak fuel Injected beberapa waktu lalu. Tujuan kami adalah menciptakan motor yang kompetitif dengan semua keuntungan dari teknologi injeksi," pungkas KTM Product Marketing Manager, Joachim Sauer, seperti dikutip dari Autoevolution.

Nantinya mesin ini akan digunakan di model KTM EXC. EXC merupakan lini produk KTM bergaya Enduro.

KTM masih belum membeberkan detail mekanisme teknologi 2-strike TPI. Namun mereka berjanji akan menjelaskan detailnya saat peluncuran mesin tersebut, yang akan terjadi tahun ini.

Di Indonesia bisa dibilang sudah tidak ada pabrikan yang menggunakan mesin 2-tak. Terakhir Kawasaki menyuntik mati Ninja 150 karena tidak bisa lulus standar emisi.


(GUS)