Mobil Baru

Kia Siapkan Penantang Baru Subcompact Crossover

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 16 Sep 2016 16:14 WIB
kia
Kia Siapkan Penantang Baru <i>Subcompact Crossover</i>
Tampang Kia subcompact crossover saat kepergok uji jalan. Flipboard

Metrotvnews.com: Dalam beberapa tahun terakhir Kia telah mengungkapkan keinginannya untuk membuat mobil yang mengabungkan kemampuan sport utility vehicle (SUV) dengan sedan. Tapi segmennya akan bermain di subkompak crossover.

Associate editor Christian Seabaugh mengatakan, bahwa Ia sudah melihat sebuah prototipe Kia sedang diujicoba di Death Valley, California. Ia menjelaskan, meski tak terlihat sangat jelas karena bodi dipenuhi stiker kamuflase, namun bentuk mobil ini tampak lebih kecil dari crossover tapi lebih besar dari hatchback.

Mobil ini dikabarkan mengaplikasikan sistem penggerak semua roda (all whell drive), serta diprediksi akan berkompetisi dan bakal pesaing Honda HR-V, Mazda CX-3, Toyota C-HR dan Chevrolet Trax.

Belum diketahui powerplant di bawah kap mesin. Namun Kia punya dua pilihan, bisa menggunakan mesin versi turbocharged 1.6 liter I-4 seperti yang digunakan di Kia Forte Koup. Atau menggunakan mesin Hyundai turbocharged 1.4 liter baru, yang saat ini eksklusif dipakai untuk Elantra Eco dan Kia CUV baru.

Ada beberapa bagian yang berhasil dicitrakan seperti bentuk lampu yang terlihat sempit dengan aksen LED. Ini mengingatkan kita akan lampu Jeep Cherokee, yang menyembul melalui kamuflase itu. Sementara fog lamp besar tertanam di bumper depan. Banyak pendapat yang menyatakan, akan lebih menarik jika mobil ini dibangun terinspirasi dari konsep Kia Provo 2013.
 


(UDA)