Ekspor Mobil

Sigra jadi Biang Gosip di India

Ekawan Raharja    •    Rabu, 21 Sep 2016 09:45 WIB
daihatsu
Sigra jadi Biang Gosip di India
Sigra mulai di lirik pasar India untuk merusak dominasi Suzuki dan Hyundai di segmen compact car. ADM

Metrotvnews.com, Jakarta: Toyota berencana merusak dominasi Suzuki dan Hyundai di segmen Compact car di India. Pabrikan nomor dua di negara tersebut berencana untuk membawa Daihatsu untuk bermain di segmen compact car di sana.

Dikutip dari Indianautosblog dan Autocar India, Daihatsu saat ini diketahui memiliki fokus untuk berbinis mobil-mobil berukuran compact, setelah sahamnya dikuasai 100 persen oleh Toyota. Diperkirakan produk yang pertama kali diperkenalkan untuk pasar tersebut adalah Sigra.

Seperti yang kita ketahui, Sigra hingga saat ini hanya di produksi di Indonesia. Produksi di Indonesia ini akan menjadi basis produksi global karena rencananya juga akan di ekspor ke berbagai negara.

Namun Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, berujar hingga saat ini belum ada pembicaraan ke sana. Menurutnya kebutuhan di dalam negeri masih tinggi sehingga belum ada rencana untuk ekspor.

"Kebutuhan untuk pasar domestik saja masih belum bisa kita penuhi semuanya, jadi belum ada kepikiran untuk ekspor. Kalau pasar domestik sudah terpenuhi, kita baru akan lakukan langkah lanjutan lainnya," terangnya Selasa (20/9/2016) di dealer Daihatsu Kelapa Gading Jakarta.

Wanita yang akrab disapa Amel tersebut menegaskan, jika pun India berencana memasarkan Sigra, maka produk tersebut di ekspor dari Indonesia. Tentu saja ucapan ini masuk akal karena di India belum ada pabrik Daihatsu dan Toyota tidak memproduksi Sigra-Calya.

Sebagai awalan, Toyota bakal mulai menjual Sigra di dealer-nya, sama seperti strategi yang dilakukan Nissan dan Datsun. Tapi setelah Daihatsu diperkenalkan, maka produk Toyota Daihatsu akan dijual secara terpisah. Diharapkan kehadiran Sigra dapat merusak dominasi yang selama ini dikuasai Suzuki Karimun WagonR dan Hyundai i10.

Sigra dibekali dengan dua mesin,  mesin 1KR-VE 1.000 cc bertenaga 66 daya kuda (dk) dengan torsi 89 Nm atau mesin 3NR-VE bertenaga 86 dk dengan torsi 108 Nm. Mobil LCGC penantang Datsun Go+ Panca ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp106,6 juta hingga Rp147,350 juta.


(UDA)