Honda Patenkan Transmisi 11-Percepatan dan Triple-Clutch

Ekawan Raharja    •    Selasa, 23 Aug 2016 10:57 WIB
honda mobil
Honda Patenkan Transmisi 11-Percepatan dan Triple-Clutch
Honda patenkan teknologi transmisi terbaru, 11-percepatan dan triple-clutch. MNM Media

Metrotvnews.com: Riset teknologi transmisi dengan 10-percepatan, sudah digembar-gemborkan oleh Honda sejak tahun lalu. Tapi tampaknya rencana tersebut diganti dengan dua teknologi transmisi terbarunya.

Dikutip dari Autoguide, pabrikan asal Jepang tersebut mematenkan desain transmisi 11-percepatan dan triple-clutch. Paten ini tercatat diedarkan 27 Mei 2016 dan terdaftar atas nama Honda Motor Co Ltd.

Diklaim, kedua teknologi ini akan memberikan efek perpindahan transmisi yang lebih efektif dan responsif. Transmisi 11-percepatan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan. Kemudian transmisi triple-clucth akan mengurangi putaran bawah mesin dan mempercepat peningkatan tenaga atas. Transmisi tiga kopling ini akan bergeser lebih cepat dari dual clutch serta mampu mempercepat perpindahan gigi.

Belum diketahui jenis mobil apa yang akan menggunakan teknologi terbaru dari pabrikan berlogo H tegak ini. Namun dilihat dari pernyataan Honda, mobil dengan kemampuan irit konsumsi bahan bakar akan cocok dengan transmisi ini.

Salah satu produk mobil ramah lingkungan milik Honda yang dijual di Indonesia baru CR-Z saja. Itu pun bakal diskontinyu di akhir 2016. Artinya, akan ada tipe lain yang mungkin sudah disiapkan untuk menggendong mesin dengan sistem transmisi masa depan tersebut.


(UDA)