Bencana Alam

Industri Otomotif Houston Bisa Terganggu Usai Badai Harvey

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 05 Sep 2017 09:40 WIB
bencana alam
Industri Otomotif Houston Bisa Terganggu Usai Badai Harvey
Badai Harvey rusak ratusan ribu mobil di Houstin. Autoguide

Metrotvnews.com: Sekitar 500 ribu mobil diperkirakan rusak teremdam banjir akibat Badai Harvey yang menerjang wilayah Houston, Amerika Serikat, pekan lalu. Menurut CNBC, dampak kerusakan mobil Badai Harvey di Houston lebih banyak, dibanding Badai Hurrican Sandy yang menimpa New York dan New Jersey pada Oktober 2012.

Dikatakan Autoguide, bencana banjir bisa menciptakan situasi yang unik di industri otomotif, terutama pascabencana. Seperti dealer mobil di sekitar area yang terdampak. Diprediksi, mereka mengalami kerugian besar karena produknya ikut terendam banjr, ditambah harus mengganti mobil konsmuen yang rusak.

Dealer mobil bekas diprediksi akan mengalami kenaikan penjualan, karena persediaan atau stok yang terbatas. Dan perusahaan asuransi harus bekerja sepanjang waktu untuk memproses klaim mobil konsumen yang rusak.

Ada hal menarik lainnya dari kejadian itu, yaitu mobil bekas banjir yang sudah diperbaiki kemudian dijual kembali kepada konsumen yang tidak mengerti.

Di beberapa negara hal itu dianggap ilegal, dengan menjual mobil bekas banjir tanpa memberi tahu pembeli. Namun dalam beberapa kasus, ada penjual mobil yang menjualnya ke luar daerah, sehingga sulit untuk mengetahui riwayat mobil yang sebenarnya.

Para ahli memprediksi praktik yang sama akan terjadi pasca-Harvey. Sisi baiknya, beberapa kendaraan yang rusak ringan mungkin ditawarkan dengan harga yang bagus kepada konsumen, yang tidak keberatan membeli mobil bekas banjir yang telah diperbaiki.


(UDA)