Program APM

Suzuki Dukung Penjelajahan Bulan dan Riset Mobil Listrik

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 16 Aug 2017 19:35 WIB
suzuki mobil
Suzuki Dukung Penjelajahan Bulan dan Riset Mobil Listrik
Hakuto dikembangkan menggunakan teknologi milik Suzuki. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, BSD City: Dalam mengikuti gelaran pameran otomotif nasional di BSD City, Tangerang Selatan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tak hanya menampilkan lini produk terbarunya, tapi juga sebuah rover, mobil penjelajah kecil yang mengisi salah satu sudut areanya.

Suzuki telah menjadi mitra untuk Hakuto sejak Juli 2016, sebuah tim asal Jepang yang berpartisipasi dalam Google Lunar XPRIZE, balapan internasional pertama untuk menjelajah bulan.

Lomba ini mengusung tiga misi, mendarat di bulan, menempuh perjalanan setidaknya 500 meter di permukaan bulan dan mengirimkan gambar dan video beresolusi tinggi ke bumi.

Pabrikan otomotif Jepang ini dengan menggunakan teknologi analisis struktural, sehingga tim Hakuto dapat mensimulaskan lewat komputer. Rover ini pun bisa mencapai berat ideal dan kokoh.

Sedangkan di Indonesia, SIS mendukung mobil listrik Arjuna yang dikembangkan oleh tim Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Karya mobil listrik ini dipersiapkan untuk berlaga di ajang Formula Student Automotive Engineer 2017 di Shizuoka, Jepang September mendatang.

"Kerja sama Suzuki dengan tim Arjuna merupakan cetak biru wajah Suzuki di mata masyarakat. Keterlibatan dalam proses pembuatan mobil listrik karya mahasiswa ini jadi bukti keselarasan antara industri dengan akademisi," kata Harold Donnel, Head of Brand Development & Marketing Research SIS.

Ajang Formula Student Automotive Engineer 2017 diikuti 10 tim dari Asia. "Keterlibatan Suzuki secara tak langsung telah menjadi bagian perubahan bangsa, mengingat apa yang kami usahakan ini adalah sebuah teknologi yang akan membawa Indonesia lebih maju," tutup Luqman Adi Prasetya, Ketua Tim Riset Arjuna.


(UDA)