Lalu Lintas

Nevada Hukum Pengemudi yang Lamban dan Tidak Sesuai Jalur

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 08 Aug 2017 08:09 WIB
lalu lintas
Nevada Hukum Pengemudi yang Lamban dan Tidak Sesuai Jalur
Pentingnya peraturan tentang batas kecepatan sesuai jaur. Autogudie

Metrotvnews.com: Selain bisa menghambat kendaraan lain, mengemudi tidak sesuai kecepatan di jalur yang telah ditentukan juga berpengaruh terhadap risiko kecelakaan. Kondisi seperti ini memaksa pengemudi lainnya harus menyalip dari jalur lain.

Di Nevada, Amerika Serikat (AS), kini ada aturan atau undang-undang yang melarang secara tegas bagi pengemudi yang memacu kendaraannya tidak sesuai batas kecepatan atau sangat lambat, terutama yang tidak sesuai jalurnya.

Undang-undang baru ini bertujuan untuk mencegah pengemudi yang memacu kendaraan dengan lambat keluar dari jalur yang ditentukan. Patroli Jalan Raya Nevada percaya, bahwa ini sebagai masalah utama yang bisa menyebabkan kemarahan pengemudi lain di jalan raya ketika ingin menggunakan jalur kiri.

"Ini adalah hukum yang berlaku di sini, jika Anda ingin berada di jalur itu, Anda harus melaju sesuai dengan batas kecepatan yang ditentukan," jelas Trooper Jason Buratczuk, seperti dikutip Autoguide.

Dia mencatat bahwa undang-undang tersebut tidak memberi izin pengemudi untuk mempercepat kendaraannya, melainkan membatasi kecepatan kendaraan jika mereka akan menggunakan jalur kiri.
 
Menurutnya undang-undang ini dibuat dengan harapan untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas secara berkesinambungan dan menghilangkan berbagai insiden di jalan. Sanksi yang diterapkan berupa denda mulai dari USD50-USD250.

Nevada merupakan salah satu negara yang menerapkan peraturan ini. Termasuk Tennessee, Florida, New Jersey, Georgia, dan Indiana yang menerapkan hukum bagi pengendara yang "lamban".

Kapan ya negara kita bisa menerapkan hal undang-undang serupa?. Fakta di jalan memperlihatkan bahwa di jalan tol mengemudi pelan di jalur paling kanan, sementara jalur di kirinya kosong. Alhasil pengemudi yang lebih kencang harus zigzag untuk menyalip.


(UDA)