Industri Otomotif

Range Rover Tinggalkan Bahan Kulit di Velar Baru

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 09 Aug 2017 09:38 WIB
industri otomotif
Range Rover Tinggalkan Bahan Kulit di Velar Baru
Land Rover mulai beralih menggunakan bahan kain di kabin mobil. Carscoops

Metrotvnews.com: Penggunaan bahan kulit biasanya menjadi ciri khas di sebagian mobil mewah. Land Rover ingin menciptakan sesuatu yang baru, dengan menawarkan alternatif pilihan menggunakan bahan kain mewah di Range Rover Velar yang baru.

Dikutip dari Carscoops, penggunaan bahan kain ini digambarkan sebagai alternatif premium dari bahan kulit, namum di bawah pilihan kulit Windsor teratas. Penggunaan bahan kain ini rencananya bakal diaplikasikan di varian Velar R-Dynamic SE.

Media lokal Aussie Drive juga melaporkan, bahwa bahan kain ini dibuat dari campuran wol yang bersumber dari Australia dan Selandia Baru, yang disiapkan oleh pemasok Denmark Kvdrat, sedangkan "suedecloth" terbuat dari plastik daur ulang.

"Penggunaan produk dari hewan bukan satu-satunya pilihan. Untuk menghasilkan sesuatu yang mewah bisa dilakukan dengan teknologi canggih, dan kita akan menciptakan produk ini. Bahan kain akan membuat alam menjadi lebih lestari dan lebih baik," kata Land Rover design chief, Gerry McGovern, kepada Aussie Drive.
m.
Lebih lanjut McGovern mengatakan, secara pribadi dirinya sangat senang akan peralihan penggunaan bahan kulit ke kain, karena tidak harus membunuh banyak sapi demi mendapatkan kulit. Menurutnya yang lebih penting adalah bagaimana berinovasi dan menciptakan bahan kain dengan tampilan dan nuansa yang berbeda.

Land Rover bukan yang pertama mengaplikasikan bahan kain pada mobilnya. Brand seperti Alcantara telah lebih dulu menawarkan penggunaan bahan poliester pada beberapa pabrikan mobil mewah. Tesla juga mengumumkan bahwa mereka tidak menggunakan kulit di EVs-nya. Maserati sudah menawarkan trim dari kain dan sutra dari Ermenegildo Zegna.


(UDA)